Pengertian Strategi Menurut Barry (1986)

Strategi berasal dari bahasa Yunani, yaitu stratēgos, yang memiliki arti komandan militer dan digunakan pada zaman demokrasi Athena. Pada awal mulanya, kata ini dipergunakan untuk kepentingan militer namun pada perkembangannya kata ini banyak digunakan dalam berbagai bidang , sepeti strategi ekonomi.

Menurut Barry (1986) dalam buku “Strategic Planning workbook for Nonprofit Organization”, “Strategy is a plan of what an organization intends to be in future an how it will get there”, dimana pengertiannya adalah suatu strategi merupakan suatu rencana tentang apa yang akan ingin dicapai atau hendak diraih suatu prganisasi dikemudian hari dan bagaimana cara mencapai keadaan yang diinginkan tersebut. 

Sedangkan menurut Fred Nickols (2003), secara umum strategi mengacu pada suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan. Secara keseluruhan, strategi memiliki hubungan antara tujuan dan sarana yang digunakan yaitu hasil yang dicari dan sumber daya yang dimiliki. 

Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan yang jelas dan ingin dicapai. Dengan adanya strategi, perusahaan diharapkan dapat mengetahui dengan baik langkah – langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 
 
Strategi perusahaan hendaknya dilakukan secara kooperatif antar individu agar pekerjaan dapat dilakukan secara terstruktur. 
 
Perkembangan bisnis akan terus berubah sepanjang waktu, karena itu pembangunan strategi perusahaan hendaknya dilakukan secara berkala agar dapat mengantisipasi segala perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis. Selain itu strategi perusahaan juga dapat dibangun dengan tujuan untuk memperbaiki serta memaksimalkan kinerja perusahaan, yaitu dengan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan sebelumnya. 
 
“When your strategy is deep and far reaching, then you gain much so you can win even before you fight. When your strategic thinking is shallow and near- sighted, then you gain little and you lose before you even do battle. Much strategy prevails over little strategy so those with no strategy cannot help but be defeated. Therefore it is said that victorious warrior win first and then go to war while defeated warriors go to war seeking to win.” Sun Tzu (1998)

Subscribe to receive free email updates: