Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pembeli sebaik- baiknya, bahwa produk atau jasa itu cocok dengan mereka dan terjual dengan sendirinya. Karena itu dibutuhkan rencana pemasaran yang tepat. Menurut Madura (2001), rencana pemasaran difokuskan pada:
• Targer Pasar
Profil dari pelanggan khusus (berdasarkan jenis kelamin, umur, hobi, dan sebagainya) harus diidentifikasi. Ini membantu dalam menentukan target pasar, yang terdiri dari pelanggan yang pantas untuk profil pelanggan. Buku fiksi untuk dewasa mempunyai target pasar yang lebih besar daripada untuk anak-anak.
• Karakteristik Produk
Karakteristik produk harus digambarkan, yang menekankan apa yang akan menjadikan produk sejenis yang ditawarkan oleh pesaing. Suatu produk mungkin diminati karena lebih mudah dipakai, lebih efektif, atau lebih awet. Apapun keunggulan kompetitif produk ini dari produk sejenis dari pesaing perlu dijelaskan.
• Penentuan Harga
Penawaran harga yang diusulkan dari produk harus diumumkan. Harga produk serupa yang dijual pesaing harus pula disebutkan. Harga akan mempengaruhi permintaan untuk produk.
• Distribusi
Cara produk yang akan didistribusikan kepada pelanggan harus diterangkan. Beberapa produk dijual langsung ke pelanggan, ada juga yang didistribusikan lewat pengecer.
• Promosi
Cara produk dipromosikan harus pula dijelaskan. Strategi promosi harus konsisten dengan profil pelanggan. Misalnya, produk untuk menarik para pelajar harus diiklankan melalui surat kabar kampus.
Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pembeli sebaik- baiknya, bahwa produk atau jasa itu cocok dengan mereka dan terjual dengan sendirinya. Karena itu dibutuhkan rencana pemasaran yang tepat. Menurut Madura (2001), rencana pemasaran difokuskan pada:
• Targer Pasar
Profil dari pelanggan khusus (berdasarkan jenis kelamin, umur, hobi, dan sebagainya) harus diidentifikasi. Ini membantu dalam menentukan target pasar, yang terdiri dari pelanggan yang pantas untuk profil pelanggan. Buku fiksi untuk dewasa mempunyai target pasar yang lebih besar daripada untuk anak-anak.
• Karakteristik Produk
Karakteristik produk harus digambarkan, yang menekankan apa yang akan menjadikan produk sejenis yang ditawarkan oleh pesaing. Suatu produk mungkin diminati karena lebih mudah dipakai, lebih efektif, atau lebih awet. Apapun keunggulan kompetitif produk ini dari produk sejenis dari pesaing perlu dijelaskan.
• Penentuan Harga
Penawaran harga yang diusulkan dari produk harus diumumkan. Harga produk serupa yang dijual pesaing harus pula disebutkan. Harga akan mempengaruhi permintaan untuk produk.
• Distribusi
Cara produk yang akan didistribusikan kepada pelanggan harus diterangkan. Beberapa produk dijual langsung ke pelanggan, ada juga yang didistribusikan lewat pengecer.
• Promosi
Cara produk dipromosikan harus pula dijelaskan. Strategi promosi harus konsisten dengan profil pelanggan. Misalnya, produk untuk menarik para pelajar harus diiklankan melalui surat kabar kampus.