Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan

Metode Pencatatan Persediaan 

Menurut Mulyadi (2001, p556) ada dua macam metode pencatatan persediaan, yaitu: 

1. Metode mutasi persediaan (perpetual inventory method) Adalah dimana setiap mutasi persediaan dicatat dalam kartu persediaan. 

2. Metode persediaan fisik (physical inventory method) 

Dalam metode ini hanya tambahan persediaan dari pembelian saja yang dicatat, sedangkan mutasi berkurangnya persediaan karena pemakaian tidak dicatat dalam kartu persediaan. 

Metode Penilaian Persediaan 

Menurut Fess, Reeve, Niswonger & Warren (2002, p366)  dalam menilai persediaan, metode yang digunakan yaitu: 

1. Metode FIFO (First In First Out) 
Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan

FIFO adalah metode penetapan harga pokok persediaan, di mana dianggap bahwa barang-barang yang pertama kali dibeli akan merupakan barang yang dijual pertama kali. Dalam metode ini persediaan akhir dinilai dengan harga pokok pembelian paling akhir. 

2. Metode LIFO (Last In First Out) 

LIFO adalah metode penetapan harga pokok persediaan di mana dianggap bahwa barang-barang yang paling akhir dibeli merupakan barang yang dijual pertama kali. Dalam metode ini, persediaan akhir akan dinilai dengan harga pokok pembelian terdahulu. 

3. Metode Rata-Rata (Average) 

Rata-rata adalah metode penetapan harga pokok persediaan di mana dianggap bahwa harga pokok rata-rata dari barang yang tersedia dijual akan digunakan untuk menilai harga pokok barang yang akan dijual dan yang terdapat dalam persediaan.

Subscribe to receive free email updates: