Pengertian, Penjelasan Dan Fungsi Rekayasa Teknologi

Pengertian, Penjelasan Dan Fungsi Rekayasa Teknologi
Rekayasa Teknologi adalah bidang studi yang berfokus pada penerapan teknik dan teknologi modern, bukan teoritis.  Menurut US Department of Education, Rekayasa Teknologi adalah bidang berkaitan dengan penerapan] teknik dasar prinsip-prinsip dan keterampilan teknis untuk mendukung para insinyur yang terlibat dalam berbagai proyek. Rekayasa Teknologi pada umumnya mencakup instruksi dalam berbagai teknik fungsi dukungan untuk penelitian, produksi, dan operasi, dan aplikasi pada spesialisasi teknik tertentu.

Rekayasa berasal dari penerjemahan kata ‘Engineering’. Arti dari engineering yaitu bidang, seni dan profesi yang menerapkan teknis, ilmiah dan pengetahuan matematika dalam merancang dan mengimplementasikan materi, struktur, mesin, peralatan, sistem, dan proses agar dapat mewujudkan tujuan yang diinginkan.

Engineering merupakan bidang yang luas sehingga dipecah sesuai dengan bidang masing-masing. Hal ini dapat dicontohkan di perguruan tinggi kita, antara lain teknik informatika, teknik industri, teknik kimia, sistem komputer, sistem informasi, teknik sipil, teknik elektro, desain produk, dan lain-lain. Tetapi mesipun dilatih untuk satu bidang tertentu, seoang lulusan dalam bidang engineering, pada praktek dilapangan tentu dihadapkan dengan permasalahan yang multidisiplin.

Pada dewasa ini banyak bidang-bidang yang menjadi popular dan berkembang dengan pesat, serta mengembangkan cabang-cabang baru seperti teknik informatika, teknik computer, rekayasa perangkat lunak, teknologi nano, rekayasa molecular, mekatronika. Sekarang berkembang bidang yang merupakan multidisiplin, contohnya mekatronik merupakan gabungan mekanik, elektronik dan komputer.  Hal ini dapat diamati sangat jelas di pendidikan luar negeri, banyak sekali tumbuh bidang-bidang baru (jurusan) sesuai dengan kebutuhan di lapangan, karena di sana banyak bidang dalam perguruan tinggi yang langsung menuju ke aplikasi tertentu di lapangan. Sehingga banyak juga terjadi perubahan bidang atau perkembangan bidang baru. Hal ini beberapa kali terjadi apabila ada keinginan ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri, tiba-tiba bidang tesebut sudah berubah atau tidak ada lagi. Ada pula bidang yang baru tersebut berkembang menjadi besar dan berkembang sub-sub bidang yang baru.

Subscribe to receive free email updates: