Pengertian Dan Penjelasan Teknologi Komunikasi


Pengertian Dan Penjelasan Teknologi Komunikasi 
Unsur teknologi sudah akrab dalam kehidupan umat manusia. Semakin maju peradaban manusia, maka unsur teknologi semakin menguasai kehidupan manusia. Cara berpikir seperti ini merupakan landasan bagi kita untuk membedakan sekaligus mempertentangkan konsep teknologi dengan konsep alamiah dari kehidupan manusia.

Untuk memahami konsep teknologi, ada baiknya kita tinjau secara etimologi, dimana konsep teknologi dalam bahasa Indonesia disadur dari bahasa Inggris, yakni technologia, yang berarti teknik, seni, atau keterampilan. Berdasarkan uraian ini dapatlah kita ketahui bahwa teknologi merupakan ide-ide, karya, dan hasil karya manusia, dimana lebih tepat disebut sebagai suatu kebudayaan, bukan kemampuan yang secara genetis dibawa bersamaan dengan kelahiran manusia.

Antropolog Indonesia, Koentjaraningrat (1992:204) memasukkan sistem peralatan hidup dan teknologi sebagai salah satu dari tujuh unsur kebudayaan universal. Sebagai salah satu unsur kebudayaan yang universal, maka teknologi terdapat dalam semua masyarakat, dimana pun berada. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari pemenuhan kebutuhan manusia yang menuntut penerapan cara-cara tertentu dalam upaya mempertahankan kehidupan manusia.

Alisjahbana (1992:24), mengemukakan bahwa teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal (hardware dan sofware) sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat,   atau     rnembuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak rnanusia. hal ini berarti bahwa manusia memiliki keterbatasan alamiah, sementara kebutuhan manusia cenderung bergerak tidak terbatas, sehingga untuk memenuhi kebutuhan inilah, maka kita ketahui pula bahwa pembaharuan/peruhahan positif tidak mugkin dicapai tanpa teknologi komunikasi.

Dalam iklan yang dipasang P.T. Telkom, antara lain dinyatakan bahwa telepon menghapus jarak dan mempersingkat waktu. Hal ini logis dan mudah dipahami, dimana jika untuk menyampaikan pesan dan mombicarakan sesuatu kepada orang lain kita harus bertemu secara langsung secara fisik, sebagaimana terjadi dalam masyarakat tradisional, maka akan memakan waktu dan harus mengorbankan dana lebih banyak lagi.

Melalui teknologi telekomunikasi, maka kita akan dapat menjangkau sasaran relasi lebih jauh dan lebih banyak, seakan-akan kita dapat berada di mana-mana dalam waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan. Dengan demikian, rnanusia dapat berbuat lebih banyak, lebih berkwalitas, dan lebih bervariasi dalam waktu yang singkat.

Teknologi komunikasi merupakan sarana bagi manusia untuk mampu rnelakukan aktivitas lebih banyak dalam aspek ekonomi, poiitik, sosial budaya (termasuk agama dan pendidikan), dan pertahanan keamanan. Oleh karena itu, produk teknologi komunikasi dalam kehidupan munusia sangat jelas dan nyata. 

Subscribe to receive free email updates: