Beberapa Aplikasi Teknologi (ICT) Dalam Pembelajaran
ICT sebagai Sumber Belajar
ICT sebagai sumber belajar dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pertama, sumber belajar yang dirancang atau secara sengaja dibuat untuk pembelajaran disebut juga learning resources by design misalnya : buku, brosur, ensiklopedia, film, video, tape, slide, film strip, dll, kedua sumber belajar dimanfaatkan dan tidak secara sengaja dirancang untuk pembelajaran yang ada disekitar kita.Sumber belajar ini disebut juga learning resources by utilization. Misalnya : alam sekitar, pasar, toko, museum, tokoh masyarakat dan sebagainya. Semua sumber belajar baik yang dirancang maupun yang tidak dirancang dapat diklasifikasikan yang meliputi : orang, peralatan, teknik dan metode, dan lingkungan. Secara rinci sumber belajar terdiri dari :
JENIS SUMBER BELAJAR | PENGERTIAN | CONTOH | |
Dirancang | Digunakan | ||
1. Pesan (Massage) | Informasi yang harus disalurkan oleh komponen lain berbentuk ide, fakta, pengertian, data | Bahan-bahan pelajaran | Cerita rakyat, dongeng, legenda, nasihat, dll. |
2. Manusia (People) | Orang-orang yang menyampaikan informasi atau menyalurkan pesan (informasi pembelajaran) | Guru / dosen, dosen, mahasiswa, pembicara pakar, konsultan, | Pemuka masyarakat, pengusaha, politisi, pimpinan kantor, responden, dll |
3. Bahan (material) | Sesuatu bisa disebut media / software yang mengandung pesan untuk disajikan melalui pemakaian peralatan | Transparansi, film slide, buku, bagmbar, liflet, brosur, modul, digital library (CD buku) | Relief, candi, arca, peralatan teknik, , dll. |
4. Peralatan (device) | Sesuatu dapat disebut media (hardware, yang menyalurkan pesan, untuk disajikan bersama dengan software) | OHP, Multimediua projector, Slide projector, Film, TV, Kamera, Whiteboard | Generator, peralatan kesenian, alat-alat kendaraan, mesin, dll |
5. Teknik / metode (technice) | Prosedur yang disiapkan dalam mempergunakan bahan pelajaran , peralatan, situasi, kondisi peralatan untuk menyampaikan pesan | Ceramah, diskusi, Contextual Teaching Learning, Simulasi, Demonstrasi, Kuliah, Seminar, Belajar Mandiri. | Permainan, saresehan, percakapan biasa (spontanitas), dll. |
6. Lingkungan (Setting) | Situasi sekitar dimana pesan disalurkan / ditransmisikan | Ruang kelas, laboratorium seni, perpustakaan, auditorium | Taman, kebun, gunung, bukit, musieum, toko, tempat wisata. |
Berdasarkan tabel tersebut ICT terdapat pada peralatan (device) atau tools dan juga pada bahan pembelajaran (teaching matterials)