Penyampaian Informasi

Penyampaian Informasi

Semua organisasi membutuhkan aliran informasi yang membantu manajer untuk mengambil bermacam keputusan yang dibutuhkan. Sistem informasi berperan dalam proses pengambilan keputusan operasional harian sampai perencanaan jangka panjang. Sebelum komputer ada, sistem informasi sudah menjadi kebutuhan organisasi. Ini berarti sistem informasi tidak selamanya berbasis komputer. Namun dengan berkembangnya fungsi komputer, sistem informasi saat ini umumnya didukung penuh oleh komputer. Teknologi penyampaian informasi berkembang pesat sejak berkembangnya jaringan komputer. Dengan jaringan komputer, setiap pekerjaan diharapkan dapat selesai dengan cepat. Jaringan komputer mampu menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. Salah satu jaringan komputer adalah internet. Internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini.

Dalam perkembangan pertamanya, jaringan komputer masih menggunakan kabel koaksial. Kini, jaringan dibangun dengan kabel dari serat optik (fiber Optics) atau bahkan komunikasi tanpa kabel (nirkabel).

Kabel

Kabel merupakan komponen penting dalam jaringan. Kabellah yang membuat data bisa mengalir di jaringan. Pada prinsipnya jangan sampai memilih kabel berkualitas jelek, walaupun harganya murah. Ada beberapa alasan untuk hal ini, di antaranya adalah:

·      Investasi untuk kabel biasanya hanya dilakukan sekali pada saat awal instalasi jaringan.
·      Kabel jaringan cenderung disembunyikan di balik dinding atau di bawah lantai. 

Jika menggunakan kabel bermutu rendah dan suatu saat ditemukan ada masalah pada kabel, maka usaha untuk membongkar dan memasang kembali kabel akan jauh lebih mahal dibandingkan harga yang dibayar untuk mendapatkan kabel kualitas bagus yang tak merepotkan.

Dari sisi kabel, ada beberapa tipe kabel yang digunakan banyak orang, yaitu:

·      UTP (unshielded twisted pair),
·      coaxial,
·      fiber optik.

Saat ini Jenis kabel yang banyak dipilih orang terutama untuk jaringan kecil adalah UTP. Beberapa perusahaan yang cukup kaya memang cenderung memilih kabel fiber optik, karena dukungan untuk pengembangan ke depan yang lebih bagus. Ada pula beberapa pengguna yang hanya menggunakan kabel fiber optik untuk backbonedan menggunakan UTP pada segmen-segmen jaringannya. Dari sisi pemasangan, UTP dapat dikatakan paling tak merepotkan, Anda bisa memasangnya sendiri dengan hanya sedikit pengalaman.

Nirkabel

Jaringan yang menggunakan kabel melakukan transmisi data dari computer satu ke yang lainnya melewati kabel-kabel. Sedangkan pada jaringan nirkabel transmisi data menggunakan gelombang radio. Jaringan nirkabel atau wireless mengirim dan menerima data melalui jalur udara sehingga meminimalkan kabel sebagai penghubung. Seperti computer Notebook dan PDA (Personal Data Assistant) merupakan computer yang dapat digunakan dengan jaringan tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini mempunyai keuntungan dibandingkan dengan jaringan kabel yaitu :

  • Jaringan nirkabel menyediakan pengakses secara realtime kepada pengguna LAN selama batas aksesnya.
  • Proses installasi jaringan ini cepat dan mudah tidak membutuhkan kabel.
  • Jaringan nirkabel sangat fleksibel terhadap tempat.
  • Konfigurasi jaringan dapat diubah menjadi peer to peer untuk pengguna yang lebih sedikit.
Disamping keuntungan jaringan nirkabel ada kekurangannya yaitu:
  • Transmisi data hanya 1-2 Mbps yang jauh lebih rendah dibanding dengan jaringan kabel.
  • Biaya yang cukup mahal.
  • Transmisi data dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lainnya.
  • Kapasitas jaringannya memiliki keterbatasan, yang disebabkan spectrum-nya tidak besar (pita frekuensi tidak dapat diperbesar).
  • Keamanan dan kerahasiaan data kurang terjamin.
Sistem komunikasi dengan jaringan nirkabel terbagi menjadi sistem microwave, sistem laser infra red, dan sistem kabel. Kedua sistem pertama ini mengharuskan pengirim dan penerima berada pada satu garis dan sangat rentan terhadap kondisi alam yang berubah-ubah. Sistem kabel digunakan untuk komunikasi melalui alat-alat dengan jaringan tanpa kabel. Keberadaan handphonedan telepon pada mobil memudahkan transmisi informasi untuk daerah yang tidak terjangkau dan dapat proses penyampaian pesan dapat terjadi di mana saja. kecanggihan telekomunikasi dengan teknologi nirkabel juga memungkinkan adanya jaringan LAN dan kantor-kantor maya yang berbasis dengan penggunaan internet untuk mengakses informasi antara klien dengan perusahaan serta menciptakan kondisi fleksibel tanpa menggunakan berbagai jenis kabel dalam penggunaannya.

Subscribe to receive free email updates: