Strategi Generik M. Porter

Jika perusahaan menjalankan bisnis, maka prinsip dasar untuk mencapai keuntungan yang tinggi adalah : membeli dangan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi.
 Terdiri  dari :

1.         Diferensiasi (Differentiation)
2.         Kepemimpinan biaya menyeluruh  (Overall cost leadership)
3.         Fokus (Focus) : 

a.Diferensiasi
b.Kepemimpinan biaya menyeluruh

Diferensiasi adalah mengambil pelanggan sebagai titik perhatian utama. Strategi ini menitik beratkan pada membangun persepsi pembeli akan keungulan kualitas, desain produk, teknologi, jaringan distribusi, image berat, bahan atau pelayanan.

Persyaratan untuk strategi ini adalah :
 Ketrampilan dan Sumberdaya Umum yang di perlukan
  •  kemampuan pemasaran yang kuat
  • bakat yang kreatif
  • perekayasaan produk
  • kemampuan yang kuat dalam riset dasar
  • reputasi korporat untuk kepemimpinan mutu dan teknologi
  • strategi yang lama dalam industri atau gabungan yang unik dari ketrampilan yang diambil dari usaha-usaha yang lain
  • kerjasama yang kuat dari saluran-saluran.
Persyaratan Organisasi Umum
  • koordinasi yang kuat antara fungsi-fungsi dalam riset dan pengembangan  produk, dan pemasaran.
  • Pengukuran dan insentif yang subyektif.
  • Suka menarik tenaga yang kreatif.
Kepemimpinan biaya menyeluruh ( Overal cost leadhership)
Adalah strategi yang lebih memperhitungkan para pesaing daripada pelanggan. Perusahaan memfokuskan pada harga jual yang murah pada pembeli.

Persyaratan strategi ini adalah :

Keterampilan dan Sumber Daya Umum yang diperlukan
  • Investasi modal yang terus menerus dan akses ke modal.
  • Keterampilan perekayasaan proses
  • Supervisi tenaga kerja yang ketat.
  • Produk didisain untuk kemudahan dalam produksi.
  • Sistim distribusi dengan biaya rendah.
Persyaratan organisasi umum
  • Pengendalian biaya yang ketat.
  • Laporan yang sering dan laporan pengendalian yang rinci.
  • Insentif berdasarkan target kuantitatif yang ketat

Fokus
Strategi ini dipakai oleh bisis yang ingin menghindarkan diri dari konfrontasi langsung dengan pesaingnya dengan cara mengkonsentrasikan diri pada pangsa pasar yang kecil (niches). Prinsip dasarnya dengan menggunakan strategi kepemimpinan biaya menyeluruh (low cost).

Persyaratan untuk strategi ini :
  1. Ketrampilan dan sumberdaya umum yang diperlukan adalah gabungan dari kebijakan-kebijakan diatas yang diarahkan pada target strategik khusus
  2. Persyaratan organisasi umum adalah gabungan dari kebijakan-kebijakan diatas yang di arahkan pada tarjet strategik reguler

Subscribe to receive free email updates: