Interaksi dengan Komputer

Interaksi dengan Komputer
Macam-macam Input-Output Device
Perkembangan teknologi informasi khususnya perangkat keras komputer berjalan begitu cepat sehingga ide awal kemunculan perangkat inputdan output yang terpisah fungsinya, saat ini menjadi kabur. Sebuah perangkat memiliki fungsi ganda sebagai input dan output seperti Voice Recognizer yang membuat komputer mengerti perintah suara manusia, microphone menangkap suara input, lalu software membandingkan dengan data yang ada di sistemnya. Dan dalam perkembangan berikutnya Teknologi tidak lagi memasukkan perintah lewat mouse atau keyboard, pemanggilan dialdi HP dengan suara.

·         Input Device

Alat inputdibedakan menjadi dua, yaitu

-        Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse dll.

-        Alat input tidak langsung, yaitu melalui media tertentu sebelum suatu inputdiproses oleh alat pemroses. 

Contohnya: keypunch yang dilakukan melalui media puched card (kartu plong), key to tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key to disk yang merekam data ke media magnetik disk (seperti disket atau hard disk) sebelum diproses lebih lanjut.

Beberapa input device yang telah berkembang terdiri atas peranti pengetikan, peranti penunjuk dan scanner. Peranti pengetikan dipergunakan untuk memasukkan data ataupun perintah dan yang paling umum digunakan dalam sistem komputer adalah keyboard, ATM (Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin pengambil uang  dan POS (Point-of-Sale) digunakan pada supermarket atau pusat perbelanjaan.

1.  Keyboard,  merupakan peranti masukan data yang dapat mengubah huruf, angka ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer. Secara garis besar sistem keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol seperti tombol huruf, tombol angka, tombol fungsi (pada keyboardterdiri atas sederetan tombol F1, F2 sampai F12 yang biasanya terletak di bagian paling atas)

2. ATM (Automated Teller Machine), atau yang biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan. Peranti ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang. ATM bekerja sebagai peranti input-output sekaligus. Sebagai peranti masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomer PIN, angka uang dan hal-hal lain yang tersedia pada menu.

3.  POS (Point-of-Sale)
POS atau Point-of-Sale merupakan peranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian. Peranti ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap dengan angka-angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit.

Peranti penunjuk (Pointing Device) digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di layar monitor.Peranti penunjuk banyak dimanfaatkan terutama pada aplikasi yang berbasis gambar. Memilih perintah dengan peranti penunjuk lebih mudah daripada harus mengingat perintah yang diketikkan lewat keyboard, berikut beberapa peranti penunjuk


·      Mouse, merupakan peranti penunjuk yang paling banyak digunakan.
Mouse digunakan untuk menunjuk data atau perintah yang ditampilkan pada layar monitor.Peranti ini dikenalkan pertama kali oleh Macintosh dan sangat disenangi oleh pemakai.


·      Trackball, memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika untuk menggerakkan penunjuk mouse di layar diperlukan penggeseran mouse.
Sedangkan penggeseran penunjuk trackballdi layar dilakukan dengan memutar bola trackballdengan tangan pemakai ke arah yang dikehendaki.

Trackball banyak diterapkan pada laptop karena dapat menghemat tempat.

·      Pointing Stick, atau kadang disebut stylus adalah alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pensil, yang biasanya terletak pada laptop untuk menggerakkan penunjuk pada layar dilakukan dengan menekan peranti ini ke arah yang dikehendaki.Sebagian besar pointing stick dirancang untuk peka terhadap tekanan. Ketika menekannya dengan lebih keras, maka kursor akan bergerak lebih cepat.


·      Touchpad, peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan diatasnya.

Untuk melakukan “klik” pada touchpad biasanya ada tombol yang terletak didekatnya atau cukup dilakukan dengan mengetuk touchpad tersebut.

Touchpad banyak digunakan pada komputer laptop.

·      Touch Screen,  atau layar sentuh adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka. Memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Hasil keluaran dari pilihan yang dilakukan akan dimunculkan kembali pada touchscreen.


·      Joystick, biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game).
Pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse.

·      Peranti Penunjuk Berbentuk Pena, Sistem berbasis pena elektronis memungkinkan seseorang memilih, memasukkan perintah. Bisa juga menerima masukan berupa tulisan, jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menterjemahkan tulisan tangan. Contoh pemanfaatan sistem komputer berbasis pena adalah pena untuk masukan pada PDA dan berbagai komputer yang dapat dipegang tangan.

·      Light Pen, merupakan penunjuk yang berupa seperti pena dan menghasilkan cahaya. Digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (fotoelektric). Light pen memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar dimana pemakai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan.

·      Digitizing Tablet, Digitizing tablet merupakan salah satu peranti digitizer, yaitu peranti yang dapat mengonversi gambar atau foto menjadi data digital. Peranti ini berbentuk seperti papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengonversikan gerakan tangan pemakai menjadi sinyal digital masukan bagi komputer.

10.Glove, Headset dan Walker
Glove (berupa sarung tangan) dapat menangkap gerakan-gerakan tangan dan jari, termasuk kecekatan dan kekuatan gerakan. Headset adalah peralatan yang dipasang pada kepala untuk memantau gerakan kepala sedangkan Walker dipasang pada kaki yang bertugas unuk memonitor gerakan kaki.

·      B. Output Device
Output yang dihasilkan dari pengolahan dapat digolongkan ke dalam 3 macam bentuk (huruf, kata, angka, grafik, Gambar, suara).

-     Peralatan output dapat berupa Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan imagepada media keras seperti kertas dan film.

-     Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.

-     Drive-device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.

Berikut beberapa macam output device yang berkembang:

·         Monitor
Monitor merupakan peranti yang termasuk ke dalam peranti softcopy karena keluarannya berupa signal elektronik, seperti gambar yang tampil di layar monitor Berdasarkan teknologi pembuatannya, monitor terbagi menjadi 2:

-        CRT (Cathode Ray Tube)
-        Layar datar (flat panel display)


·         Printer
Termasuk jenis hard-copy device, Printer adalah peranti yang biasa digunakan untuk membuat cetakan pada kertas. Berdasarkan teknologi percetakannya, peranti printerbiasanya dikelompokkan menjadi:
-        Impact, Printer jenis ini sering disebut hammer, karena percetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin (jarum) ke pita tinta

-        Thermal, Printer thermal adalah pilihan terbaik bagi keluaran yang merupakan cetakan berwarna berkualitas tertinggi. Untuk menghasilkan cetakan berwarna, printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin, tetapi tidak untuk cetakan hitam putih

-        Ink-jet, Printer Ink-jet adalah printeryang memberikan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan. Dapat digunakan untuk cetakan berwarna dan hitam putih.

-        Laser, Merupakan jenis printer yang relatif mahal

Dapat memberikan cetakan yang terbagus. Printeryang dirancang untuk mainframememiliki kecepatan sekitar 229 halaman per menit

-        Multifunction, Printer Multifungsi adalah Jenis printer yang memiliki berbagai fungsi lainnya, misalnya memiliki kemampuan sebagai mesin fotocopy, scanner dan kadang-kadang sebagai mesin fax. Lebih menghemat biaya dan tempat namun kelemahannya, bila mesin ini rusak maka berbagai fungsi-fungsi tadi menjadi tak ada yang dapat bekerja.

Scanner merupakan alat elektronik yang fungsinya mirip mesin fotokopi. Namun Scannerberbeda, hasil fotokopi dapat langsung dilihat pada kertas, sedangkan hasil scanner dapat dilihat pada monitor komputer, dapat dimodifikasi dan di simpan. Berikut beberapa bentuk scanner :
-     Scanner (variant) Pengenal Tulisan Secara Optis

-     Barcode Reader Optical Character Reader OMS (Optical Mark Recogniton), Barcode Reader merupakan Peranti yang berfungsi untuk membaca data dalam bar code. Mempercepat pemasukan data terutama pada transaksi pada volume yang lebih besar. barcode adalah deretan garis tegak dengan ketebalan yang bermacam-macam Biasa dijumpai pada produk-produk di pasar swalayan dan buku-buku cetakan.

-     Optical Character Reader, Berupa scanner yang dapat mengenali teks yang terdapat pada dokumen-dokumen dan mengkonversinya menjadi bentuk teks yang dikenali oleh komputer tanpa perlu mengetik ulang
-     OMR (Optical Mark Recogniton) Peralatan yang memungkinkan data dalam bentuk bulatan-bulatan yang diarsir dengan pensil 2B Menggunakan kertas khusus dan diterjemahkan menjadi data yang dikenali computer


-     Pengenal tulisan tangan (handwriting recognizer), merupakan peranti untuk mengenali tanda tangan seseorang, Penangkap Suara dan Pengenal Suara. Alat yang digunakan disebut mikropon Untuk menangkap suara dan memanipulasinya dapat merekam berbagai jenis suara, seperti suara orang, gemericik air ataupun dering bel . Suara seseorang juga dapat dikenali melalui peralatan yang disebut pengenal suara (voice recognizer). Dengan voice recognizer, suara dapat diubah ke dalam teks.

Dimungkinkan untuk membuat dokumen tanpa melalui pengetikan, melainkan melalui suara. Pemakai cukup berbicara dan peralatan ini akan mengubahnya ke dalam bentuk tulisan.
-     Magnetic Ink Character Reader

MICR adalah peranti yang berfungsi untuk membaca informasi yang dicetak pada cek yang dibuat dengan tinta magnetic. Informasi ini berupa identitas bank dan nomor rekening, nomor cek dan jumlah uang.
Umumnya digunakan pada bank-bank di Amerika Serikat .

-     Pembaca Kartu Magnetik(Magnetic Card Reader)

Kartu Magnetik berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik. Pada pita magnetik inilah data tertentu dapat diletakkan.

Data dapat berupa NIP, identitas bank, nomor rekening nasabah dan lain-lain. Data pada pita tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer ketika menggunakan Pembaca Kartu Magnetik.
-     Pembaca Kartu Cerdas (Smart Card Reader)
Si kartu cerdas adalah sebuah komputer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung processor, RAM dan OS dengan keamanan yang sangat tinggi. Di Indonesia, kartu cerdas dipakai antara lain untuk kartu telpon prabayar Untuk membaca isi kartu cerdas diperlukan alat yang disebut pembaca kartu cerdas.
-     Pembaca Sidik Jari (Fingerprint reader)
digunakan untuk membaca sidik jari seseorang. Hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang. Dapat digunakan sebagi absensi pegawai dan untuk memasuki tempat-tempat rahasia sidik jari berlaku sebagai identitas seseorang.

-     Pembaca Retina Mata
Membaca retina mata seseorang. Menghasilkan suatu identitas retina mata

-     Sensor
Peranti yang dapat menghimpun data dari lingkungan  Dikirim ke sistem computer Contoh: Sensor yang digunakan pada mobil General Motorsyang telah dilengkapi dengan komputer dan layar menyajikan peta daerah sekeliling dan rute untuk pengemudi Melakukan pengukuran suhu suatu lokasi

Selain alat-alat di atas yang berfungsi sebagai output terdapat device yang berfungsi sebagai input sekaligus output seperti:

-     RFID (dalam bahasa Inggris: Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Pilihannya kian beragam, mulai dari sidik jari, pola wajah, pola suara hingga lapisan iris dari mata. Pemakaiannya sudah meluas ke berbagai hal, khususnya wilayah-wilayah yang sangat sensitif terhadap faktor keamanan. Bahkan, kini sudah mulai dicoba penerapan biometrik dengan cara memasukkan peranti chip elektronika berukuran mikro ke dalam tubuh sebagai pengenal identitas pribadi.

-     Digital Signature
Tanda tangan digital adalah pengganti tanda tangan secara manual yang bersifat elektronik dan mempunyai fungsi sama dengan tanda tangan manual. Tanda tangan digital bukan merupakan gambar digital dari tanda tangan yang dibuat oleh tangan atau tanda tangan yang diketik. Tanda tangan digital mempunyai sifat yang unik untuk masing-masing dokumen itu sendiri dan beberapa perubahan pada dokumen akan menghasilkan tanda tangan digital yang berbeda..

-     Kamera Digital
Merupakan kamera yang digunakan untuk mengambil obyek gambar yang diam dan merekamnya. Kamera ini tidak menggunakan roll film seperti layaknya kamera yang dikenal selama ini, melainkan setelah difoto obyeknya langsung dimasukkan ke dalam komputer dan dapat dicetak printermaupun dalam bentuk film.

Subscribe to receive free email updates: