Pengembangan Pendidikan Dan Pelatihan

Kegiatan ini tidak bisa dipisahkan dari rancangbangun suatu diklat, oleh karena itu merupakan kelanjutan dari proses rancangbangun suatu diklat. Adalah sangat penting bagi pejabat yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan untuk mengetahui dengan baik peran dan sumbangannya apakah sebagai pengembang program atau pelaksana diklat, atau melaksanakan peran keduanya.

Pengembangan program adalah suatu proses terciptanya bahan belajar, kegiatan pembelajaran dan penyampaiannya kepada peserta didik/diklat dengan maksud tercapainya tujuan khusus pembelajaran yang dapat diukur. Jadi, proses pengembangan pendidikan dan pelatihan adalah sekumpulan prosedur yang terorganisasi dan digunakan untuk mengembangkan program pendidikan dan pelatihan dan atau bahan-bahan pendidikan dan pelatihan. Proses ini juga dikenal dengan sebutan Proses Pengembangan Program.

Ada tiga langkah utama prosedur untuk menentukan peran sebagai pengembang program Pendidikan dan Pelatihan :
1.   Identifikasi peran pendidikan dan pelatihan dalam proses pengembangan sumber daya manusia.
2.   Identifikasi peran pengembangan program dalam proses pendidikan dan pelatihan.
3.   Identifikasi spesifikasi tanggung jawab dengan membaca uraian jabatan dan menilai kompetensi (kompetensi adalah keterampilan atau pengetahuan yang diperkirakan sangat penting untuk menguasai suatu fungsi jabatan yang spesifik).

Subscribe to receive free email updates: