Sistem Informasi Persediaan Barang

Sistem Informasi Persediaan Barang
Setiap perusahaan/intansi memiliki aktiva sebagai sarana yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas perusahaan. Persediaan adalah barang-barang yang tersedia untuk dijual dalam suatu kegiatan perusahaan yang terdiri atas barang yang dimiliki dan barang yang dibeli. Persediaan barang dagangan merupakan satu unsur aktiva lancar yang terus menerus mengalami perubahan sesuai dengan aktivitas perusahaan, dengan adanya persediaan barang dagangan perusahaan dapat mencapai tujuan untuk mencari keuntungan yang  semaksimal mungkin.

Pengolahan sistem pencatatan persediaan dengan menggunakan komputer sangat berpengaruh dalam penggunaan persediaan, sehingga persediaan dapat digunakan secara maksimal dan juga menghasilkan informasi yang cepat, serta menghindari terjadi kelebihan persediaan.

PT. Mestika Sakti Medan merupakan perusahaan dagang yang membeli barang kemudian menjualnya kembali tanpa proses produksi.  Adapun barang yang diperdagangkan adalah obat – obatan dan consumer good.

Proses pencatatan dan pengolahan persediaan barang dagangan pada PT. Mestika Sakti masih belum terkomputerisasi dalam arti perusahaan tersebut masih menggunakan Microsoft excel. Hal ini masih memiliki cara kerja yang kurang memuaskan sehingga dalam pengolahan data membutuhkan waktu yang cukup lama, karena jenis dan jumlah persediaan barang yang ada cukup banyak, tetapi jika pencatatan persediaan barang dilakukan dengan memakai sistem komputerisasi maka akan mempercepat dan mempermudah proses pencatatan persediaan, juga mengurangi resiko terjadinya kesalahan dalam membuat laporan persediaan barang.

Subscribe to receive free email updates: