Pengaruh Teknologi Dalam Menciptakan Bisnis

Peranan Teknologi penting dalam perkembangan perusahaan. Dengan penerapan teknologi terhadap mesin baru proses produksi atau kegiatan bisnis lainnya dapat berjalan lancar dan mampu meningkatkan produktivitas kerja serta mampu memenuhi permintaan pasar. Demikian juga Teknologi Informasi mampu meningkatkan dukungan informasi untuk pengabilan keputusan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Pemilik Perusahaan Perusahaan dijalankan oleh karyawan Pelanggan Kreditur Pemasok Dana Investasi Pembelian

Tujuan Manajer
Memaksimalkan Nilai Firma.. Nilai sebuah firma diukur dari seberapa besar kemampuan mendapatkan laba. Manajer selaku pengelola dituntut mampu mengatur sumber daya perusahaan se-efektif dan seefisien mungkin. Arah tujuan harus dijadikan pedoman pengelolaan.

Lima Fungsi  Utama  Bisnis ( Five Key Functions Of Business )
Five Key Functions Of Business

Tiga Keputusan Biasa Dalam Bisnis ( Three Common Business Decicion )
Keputusan manajemen (Management decision)
  • Perlengkapan mesin apa yang diperlukan untuk memproduksi suatu produk ?
  • Berapa karyawan yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu produk ?
  • Bagaimana dapat memotivasi karyawan agar bekerja lebih baik ?
Keputusan pemasaran (Marketing decision)
  • Barapa harga jual atas produk ?
  • Apakah harus ada inovasi produk lama ?
  • Apakah promosi iklan harus dibuat ?
Keputusan keuangan (Finance decision)
  • Apakah menjual saham atau meminjam kepada Bank ?
  • Berapa jangka waktu pengembalian hutang ?
  • Apakah perusahaan harus investasi ke dalam bisnis baru ?

Langkah - Langkah Untuk Menciptakan Ide Bisnis ( Steps For Creating A Business Idea )
Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan (Identify Consumer Needs):
  • Penelitian pasar (Market research).
  • Penilaian atas lingkungan perusahaan (Assessment of The Business Environment):
  • Lingkungan Ekonomi (economic environment),
  • Lingkungan Industri (Industrial environtment)
  • Lingkungan global (global environments).

Merencanakan Bisnis ( Business Plan )
Untuk Siapa ?
  • Untuk Pengusaha (For the Entrepreneur).
  • Untuk Investor dan Kreditur (For Investors and Creditors).
Apa yang disediakan-Nya?
  • Uraian yang terperinci menyangkut bisnis yang diusulkan, mencakup jenis pelanggan, kompetisi, dan fasilitas yang perlu untuk produksi.

Rencana Bisnis -  Bagian Manajemen
Struktur Organisasi :
  • Mengindentifikasi aturan dan tanggungjawab masing-masing karyawan firma.
Produksi :
  • Keputusan tentang proses, lokasi, dan fasilitas produksi.
Sumberdaya Manusia : Menghimpun lingkungan kerja yang akan memotivasi karyawan
guna meraih kesuksesan bisnis.

Rencana Bisnis - Bagian Pemasaran
  • Pasar sasaran (Target get Market): : Profil pelanggan sasaran.
  • Kekhasan Produk (Product Characteristics): Deskripsi rinci tentang produk.
  • Harga (Pricing): Harga atas produk.
  • Distribusi (Distribution): Bagaimana produk akan didapat pelanggan.
  • Promosi (Promotion): Bagaimana produk akan dikomunikasikan kepada target market.
RENCANA BISNIS – BAGIAN KEUANGAN
Kelayakan (Feasibility):
  • Perkiraan biaya-biaya dan benefits bisnis, termasuk perkiraan penjualan dan seluruh biaya.
Keuangan (Financing the Business) :
  • Ringkasan pengeluaran yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.

Pertimbangan Dalam Menilai Sebuah Rencana Bisnis ( Considerations In Assessing A Business Plan )

  • Penghasilan potensial (Potential revenue).
  • Permintaan atas produk atau jasa (Demand for product or service).
  • Biaya Produksi (Expense of production).
  • Keuntungan potensial (Overall potential for profitability).

Subscribe to receive free email updates: