Kawasan Dan Bidang Garapan Teknologi Pendidikan

Kawasan Dan Bidang Garapan Teknologi Pendidikan
Sebelum kita mempelajari kawasan dan bidang garapan teknologi pendidikan, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu dari teknologi pendidikan itu agar kawasan dan bidang garapan teknologi pendidikan tergambar dengan baik

Teknologi dapat ditemukan dimana saja dan tujuan ditemukannya teknologi juga untuk membantu memecahkan masalah manusia. Dasar filosofi tersebut juga yang diaplikasikan pada dunia pendidikan hingga muncul terminology Teknologi Pendidikan. Penggunaan teknologi pun harus mempertimbangkan norma dan nilai yang berlaku agar dapat berproses dengan mudah. Teknologi itu pada hakikatnya adalah bebas nilai, namun telah penggunaanya akan sarat dengan aturan nilai dan estetika (Miarso, 2009: 194)

Peran professional Teknologi Pendidikan yang sangat fundamental dalam proses  pendidikan dan pelatihan sangat banyak tidak terbatas hanya pada pembuatan media atau melakukan kajian yang berhubungan dengan teknologi canggih seperti komputer dan lainnya. Teknologi Pendidikan juga dengan suatu perancangan kurikulum, pengembangan program pembelajaran, bagaimana menggunakan teknologi untuk pembelajaran yang tepat sasaran dan kebutuhan manajemen sumber belajar, hingga evaluasi dari kegiatan yang sudah dilakukan.

Teknologi Pendidikan menjadi suatu kajian disiplin keilmuan bertujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran Pada hakikatnya teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin yang berkepentingan dengan pemecahan masalah belajar… (Miarso, 2009: 193). Berbagai prinsip dan pendekatan tersebut digunakan agar menjadi kuat dalam aplikasi pemecahan masalah.

Secara garis besar kawasan dan bidang garapan teknologi pendidikan terlihat dari pengertian Teknologi Pembelajaran yang dikemukakan oleh Seels & Richey (1994) yaitu teori dan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan penelitian proses, sumber, dan system untuk belajar. Perkembangan kawasan dapat menjadi bertambah sesuai pengertian Teknologi Pembelajaran pada tahun 2004 yang dikeluarkan oleh AECT. Namun pengertian baru tersebut akan lebih diperdalam pada bagian pembahasan untuk memperkaya pengetahuan tentang kawasan dan bidang garapan Teknologi Pendidikan. Sebagai seorang akademis Teknologi Pendidikan menjadi kewajiban untuk memahami kawasan dan bidang garapan tersebut agar menjadi expertdi bidang perekayasan pembelajaran dan menciptakan inovasi pembelajaran dalam pemecahan masalah belajar. Berdasarkan hal tersebut makalah ini akan membahas tentang kawasan dan bidang garapan teknologi pendidikan berdasarkan pengertian terdahulu hingga pengertian terbaru dan modifikasi yang dilakukan ahli teknologi sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman di negara Indonesia.

Subscribe to receive free email updates: