Keuntungan Penggunaan Data Warehouse

Kesuksesan penerapan sebuah data warehouse dapat membawa keuntungan besar bagi perusahaan ( Connoly dan Begg, 2002, p1048), meliputi :

1. Potensi ROI ( Return On Invesment ) yang tinggi

Organisasi harus mengeluarkan sumber daya yang sangat besar untuk memastikan penerapan data warehouse yang sukses. Studi yang dilakukan IDC ( International Data Corporation ) pada tahun 1996 menghasilkan bahwa data warehouse mencapai rata–rata ROI dalam 3 tahun sebesar 401%, dengan lebih dari 90% perusahaan yang disurvei mencapai lebih dari 40% ROI, separuh perusahaan mencapai lebih dari 160% ROI, dan seperempat perusahaan dengan lebih dari 600% ROI.

2. Keuntungan bersaing (Competitive advantage)


ROI yang besar untuk perusahaan yang telah sukses mengimplementasikan data warehouse merupakan bukti keuntungan bersaing yang sangat besar. Keuntungan bersaing tersebut didapatkan dengan memberikan pembuat keputusan akses ke data sehingga dapat menemukan informasi yang sebelumnya tidak tersedia, tidak diketahui, dan tidak ditemukan seperti pelanggan, tren dan permintaan.
Keuntungan Penggunaan Data Warehouse

3. Meningkatkan produktivitas dari pembuat keputusan perusahaan

Data warehouse meningkatkan produktivitas pembuat keputusan pada perusahaan dengan membuat database terintegrasi yang konsisten, berorientasi subjek, dan historis. Data warehouse mengintegrasikan data dari berbagai sistem yang berbeda- beda ke suatu bentuk yang memberikan sebuah pandangan yang konsisten tentang organisasi. Data diubah menjadi informasi yang berguna sehingga data warehouse dapat membuat manajer bisnis melakukan analisis lebih benar, akurat dan konsisten.

Subscribe to receive free email updates: