Ilmu penyakit tumbuhan (fitopatologi) mempelajari tentang

ILMU PENYAKIT TUMBUHAN 

Ilmu penyakit tumbuhan (fitopatologi) mempelajari tentang: 
1. Makhluk hidup dan keadaan lingkungan yang menyebabkan penyakit pada tumbuhan. 
2. Bagaimana mekanisme faktor-faktor tersebut menyebabkan penyakit tumbuhan. 
3. Interaksi antara agensia penyebab penyakit dengan tumbuhan sakit. 
4. Metode untuk mencegah atau mengendalikan penyakit serta mengurangi kerusakan yang ditimbulkan. 

Tumbuhan dikatakan sehat atau normal, apabila tumbuhan tersebut dapat melaksanakan fungsi-fungsi fisiologisnya sesuai dengan potensial genetik terbaik yang dimilikinya. Fungsi-fungsi tersebut mencakup pembelahan, diferensiasi dan perkembangan sel yang normal: penyerapan air dan mineral dari tanah dan mentranslokasikannya ke seluruh bagian tumbuhan, fotosintesis dan translokasi hasil-hasil fotosintesis ke tempattempat penggunaan dan penyimpanannya, metabolisme senyawasenyawa yang disentesis, reproduksi, dan penyempanan persediaan makanan untuk reproduksi dan kebutuhan setelah berakhirnya musim kemarau atau dingin. 

Penyakit adalah terjadinya perubahan fungsi-fungsi sel dan jaringan inang sebagai akibat gangguan yang terus-menerus oleh agensia-agensia patogen atau faktor lingkungan dan menyebabkan perkembangannya gejala. Penyakit adalah kondisi yang menyebabkan perubahan abnormal dalam segi bentuk, fisiologis, keutuhan, atau tingkah laku tumbuhan. Perubahan-perubahan yang demikian mungkin menghasilkan kerusakan sebagian atau kematian tumbuhan atau bagianbagian tertentu. 

Patogen dapat menyebabkan penyakit pada tumbuhan dengan: 

a. Melemahkan dengan cara menyerap makanan secara terus-menerus dari sel-sel inang untuk kebutuhannya. 

b. Menghentikan atau mengganggu metabolisme sel inang dengan toksin, enzim, atau zat pengatur tumbuh yang disekresikannya. 

c. Menghambat transportasi makanan, hara mineral dan air melalui jaringan pengangkut. 

d. Mengkonsumsi kandungan sel inang setelah terjadi kontak. 

Penyakit yang yang disebabkan oleh faktor lingkungan adalah hasil kondisi ekstrim yang mendukung pertumbuhan (suhu, kelembaban, cahaya dan lain-lain dan kelebihan atau kekurangan zat kimia yang diserap atau dibutuhkan tumbuhan.

Subscribe to receive free email updates: