Dampak Pada Ekosistem Perairan

Dampak Pada Ekosistem Perairan 
Pengertian Ekosistem
Ekosistem adalah suatu sistem dimana terjadi hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan lingkungannya hidupnya baik berupa lingkungan fisika, kimia, maupun makhluk yang lain. Penyusun ekosistem adalah komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik (hayati) meliputi semua makhluk hidup di sekitar dan di dalam organisme, misalnya: manusia, hewan, tumbuhan, ganggang, mikrobia, dll. Sedangkan komponen abiotik (non hayati) ialah segala sesuatu yang tidak hidup di sekitar suatu makhluk hidup, misalnya: tanah, air, udara, cuaca, dan sinar matahari.Keanekaragaman ekosistem sangat bervariasi mulai berupa hutan hujan tropis sampai dengan hanya berupa genangan air pada suatu batu. Energi matahari merupakan faktor utama yang mendorong berfungsinya pada hampir semua ekosistem.

Beberapa istilah dan konsep yang penting yang perlu diketahui dalam pembahasan mengenai ekosistem antara lain: komunitas, populasi, produsen, konsumen, dekomposer, rantai makanan, jaring makanan, trophic level, piramida ekologi, biomasa, produktivitas primer, produktivitas sekunder, eutrofik, oligotrofik, aliran enersi, siklus hara, daur air, siklus nutrien penting (antara lain C, N,, dan P), suksesi, interaksi antar species.

Perbedaan penting antara ekosistem buatan dan ekosistem alam adalah bahwa tanpa adanya subsidi energi dan pemeliharaan dari manusia pada ekosistem buatan maka struktur dan fungsinya akan berubah; sendangkan pada ekosistem alam struktur dan fungsinya relatif tetap selamanya. 


EKOSISTEM PERAIRAN
Makhluk hidup dapat dijumpai di berbagai tipe ekosistem perairan baik ekosistem yang selalu mengandung air, maupun ekosistem lahan basah (lahan yang selalu tergenang air maupun dalam periode tertentu dalam keadaan basah). Dibawah ini adalah klasifikasi ekosistem perairan di wilayah tropis menurut Howe dkk (1991) yang telah dimodifikasi.
1. Lautan: terdiri atas ekosistem laut terbuka, teluk, selat, atol
2. Rawa: 
a. hutan rawa (meliputi hutan rawa gambut dan hutan rawa lain, terutama hutan rawa air tawar)
b. rawa yang tidak berhutan (lahan basah “overflow” dan rawa lain)

3. Mangrove: mangrove dan rawa air payau

4. Coral

5. Ekosistem rumput laut dan ganggang laut

6. Danau
a. Danau vulkanik (danau kawah, danau caldera, danau vulkanik)
b. Danau tektonik
c. Laguna
d. Genangan air
e. Kolam untuk aquakultur (kolam ikan dan tambak)
f. Waduk (single purpose dan multi purposes)
7. Daerah dataran banjir
8. Estuari
9. Sungai 
a. Aliran sungai (sungai, anak sungai, kali)
b. Saluran irigasi dan atau saluran drainase
10. Persawahan
a. Persawahan pasang surut
b. Persawahan bukan pasang surut (tadah hujan dan irigasi)

Berikut ini adalah keterangan atau karakteristik dua contoh dari ekosistem perairan yang telah disebutkan diatas dan potensi pemanfaatannya bagi manusia dan atau ekosistem.

1. Rawa
Rawa adalah istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsi semua macam lahan basah yang ditumbuhi tumbuhan, termasuk didalamnya adalah rawa air tawar, air payau dan air laut yang ditumbuhi pepohonan maupun tumbuhan herba. Ciri utamanya lahan ini selalu digenangi air sepanjang tahun atau sebagian besar waktu dalam setahun. 

a. Hutan rawa gambut
Species indikator: Gonystylus bancanus, Palaquium burckii, Palaquium microphyllum, Durio carinatus, Campnosperma auriculata, dan Shorea spp.

b. Hutan rawa lain (utamanya hutan rawa air tawar)
Species indikator: Alstonia pneumatophora, Campnosperma spp., Shorea spp., Nauclea spp., Syzygium spp., Palaquium spp., Diospyros spp.. Garcinia spp., dan Melaleuca spp.

c. Rawa tidak berhutan: 
terdapat pada dataran banjir dan biasanya tergenang oleh luapan air sungai; dan rawa pada kawasan yang tidak luas dengan genangan air dangkal, lahan basah yang tergenang air tanah, lahan basah tepi danau dll.

Potensi Pemanfaatan Ekosistem Rawa:
Penyediaan air:
a. Persediaan langsung dan persediaan untuk lokasi lain: untuk akuifer (recharge air tanah) dan lahan basah lain.
b. Pengaturan aliran, terutama pengendali banjir
c. Pencegahan intrusi air asin (air tanah dalam atau air permukaan)
d. Perlindungan dari kekuatan alam (perlindungan pada garis pantai dan pengendali erosi ; dan pemecah angin)
e. Pembuangan dan atau penyimpan sedimen 
f..Pembuangan dan atau penyimpan nutrien
g. Pembuangan dan atau penyimpan bahan-bahan toksik
h.Penghasil sumber daya alam on site
i.Penghasil sumber daya alam off site
j. Penghasil sumber energi
k. Gudang penyimpan plasma nutfah
l. Kawasan penting untuk konservasi:

Habitat penting untuk siklus hidup berbagai jenis hewan dan tanaman penting

Adanya species, habitat , komunitas, ekosistem, landscpae langka, dan berbagai macam proses lahan basah alami yang unik

m. Rekreasi dan turisme

2.Mangrove (Bakau)
Hutan pasang surut di daerah pantai umumnya berupa hutan bakau (mangrove). Tergantung dari kombinasi pengaruh pasang surut (tingkat salinitas atau tinggi air), tergantung pada aliran air tawar dari run off dan air tanah dan produksi seresah oleh jenis tumbuhan bakau sehingga menghasilkan lahan basah yang unik dan sangat komplek. Hutan bakau di wilayah tropis sangat penting untuk manusia maupun satwa liar. Jika dikelola dengan baik, hutan ini dapat menghasilkan lebih banyak kayu daripada hutan dipterocarp pada dataran rendah. Hutan bakau jga sangat berperanan dalam pemeliharaan hasil perikanan pantai dan juga menyediakan habitat untuk banyak jenis satwa liar.Species indikatornya adalah Rhizophora apiculata, Rhizopora mucronata, Bruguiera gymnorrhiza, Bruguiera cylindrica, Bruguiera parviflora, Bruguiera sexangula, Cerios tagal, Kandelia candel, Sonneeratia alba, Sonneratia 

caseolaris/acida, Sonneratia ovata, Avicennia alba, Avicennia marna, Avicennia officianalis, Xylocapus grabatum, dan Xylocarpus moluccensis.

Potensi Pemanfaatan Ekosistem Mangrove:
a. Perlindungan dari kekuatan alam (perlindungan pada garis pantai dan pengendali erosi ; dan pemecah angin)
b. Pembuangan dan atau penyimpan sedimen 
c. Pembuangan dan atau penyimpan nutrien
d. Pembuangan dan atau penyimpan bahan-bahan toksik
e. Penghasil sumber daya alam on site
f. Penghasil sumber daya alam off site
g. Penghasil sumber energi
h. Gudang penyimpan plasma nutfah
i. Kawasan penting untuk konservasi:

Habitat penting untuk siklus hidup berbagai jenis hewan dan tanaman penting

Adanya species, habitat , komunitas, ekosistem, landscpae langka, dan berbagai macam proses lahan basah alami yang unik

j. Rekreasi dan turisme
k. Kepentingan sosio-kultural
l. Lanscape estetis yang penting
m. Adanya aktivitas manusia yang sangat penting
n. Kehidupan alamiah penting
o. Lokasi historis yang penting
p. Lokasi pendidikan dan penelitian 
q. Kontribusi dalam pemeliharaan proses alami atau sistem

proses dan sistem ekologis, geomorfologis dan geologis pencegahan berkembangnya tanah asam sulfat

r. Wakil penting lahan basah

DAMPAK PADA EKOSISTEM PERAIRAN
Tujuan utama pembangunan yang direncanakan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia, namun demikian dalam pelaksanaannya kegiatan pembangunan tersebutsering menimbulkan dampak negatif pada komponen lingkungan biotik. Berdasarkan atas dampaknya pada lingkungan kegiatan pembangunan dibagi menjadi dua yaitu pembangunan yang merupakan “point source pollution” dan pembangunan yang merupakan ”non-point source pollution”. Sebagai contoh kegiatan pembangunan eksploitasi migas, panas bumi dan kilang minyak merupakan jenis usaha yang merupakan “point source pollution”, sedangkan kegiatan pembangunan transmisi migas, transmisi listrik dan pengambilan air di bawah tanah merupakan kegiatan “non-point source pollution”. Dampak kegiatan pembangunan pada lingkungan biotik yang dapat terjadi mulai dari tahap konstruksi sampai operasional. Dampaknya dapat bersifat langsung (primer) yaitu gangguan akibat berlangsungnya suatu kegiatan dan bersifat tidak langsung (dampak sekunder, tersier dst.) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan kualitas lingkungan fisik yang selanjutnya berdampak pada komponen biotik.

Secara umum dampak primer pada komponen biotik terutama disebabkan karena aktifitas kegiatan fisik pada tahap konstruksi yang berkaitan dengan kegiatan pembersihan lahan, penempatan suatu lahan, dan pembangunan sarana dan prasarana. Sedangkan dampak sekunder (atau dampak orde lebih tinggi lagi) disebabkan oleh aktifitas fisik pada tahap konstruksi dan operasional yang menyebabkan perubahan kualitas lingkungan tanah, air, dan udara. 

Dampak Orde Pertama (Dampak Primer):
a. Hilangnya komunitas biota

Dampak Orde Tinggi (Dampak Sekunder dst):
a. Gangguan pada organ/bagian tubuh dan atau gangguan pada proses fisiologi biota yang terkena polutan
b. Perubahan besarnya populasi, produktivitas dan komposisi pada komunitas biota
c. Terjadinya akumulasi zat kontaminan pada jaringan tubuh biota

Dampak Orde Lebih Tinggi, misalnya:
a. Perubahan stabilitas tanah dan iklim sebagai akibat hilangnya vegetasi
b. Perubahan nilai ekonomi sebagai akibat perubahan potensi penggunaan biota
c. Perubahan landscape sebagai akibat hilangnya biota

DAMPAK PRIMER 
Seperti yang terlihat pada Bagan Alir 1 diatas gangguan langsung pada komunitas biota dapat disebabkan karena kegiatan fisik pada tahap konstruksi misalnya untuk pembangunan fasilitas eksplorasi migas, pembangunan sarana dan prasarana, dan pembangunan transmisi PLN terutama bila rencana kegiatannya berlokasi di suatu lahan yang penutupan lahanyya oleh vegetasi masih baik. Kegiatan pada masa konstruksi seperti penyiapan lahan berupa pembersihan lahan pematangan lahan di suatu lahan secara langsung menyebabkan hilangnya komunitas flora dan fauna yang hidup pada lahan tersebut. 

Parameter dampak yang perlu dikaji dapat berupa:
a. Besarnya populasi berbagai jenis flora dan fauna serta biota lainnya 
b. Luas area dan arti penting komunitas yang akan hilang untuk kehidupan jenis-jenis hewan yang perlu dikonservasi

Data yang diperoleh tersebut kemudian dinilai terhadap, misalnya:
a. Kebijakan perlindungan spesies flora/fauna dan ekosistem.
b. Arti penting dan tingkat kelangkaan jenis biota atau habitatnya pada tingkatan lokal, regional, nasional, dan internasional. 

DAMPAK ORDO TINGGI 
Dampak orde tinggi (misalnya dampak sekunder, tersier dst.) adalah dampak tidak langsung dari suatu kegiatan. Kegiatan konstruksi yang menyebabkan perubahan kualitas udara, perubahan kualitas air, erosi dan sedimentasi. Perubahan kualitas lingkungan fisik tersebut akhirnya berdampak negatif pada biota. Misalnya erosi dan sedimentasi akan menyebabkan terganggunya proses fotosintesa tumbuhan air dan fito-plankton sehingga akan mengurangi produktivitas primer dan selanjutnya mempengaruhi persediaan pangan untuk biota air konsumen dan pada akhirnya mengurangi produktivitas ekosistem perairan secara keseluruhan. Dampak selanjutnya berupa berkurangnya hasil tangkapan ikan yang bernilai ekonomi yang cukup penting bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Dampak orde tinggi ini juga dapat terjadi pada tahap operasional. Misalnya kegiatan operasional kilang minyak dapat yang menyebabkan pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran air sehingga merubah kualitas udara, tanah dan air yang pada gilirannya akan berdampak negatif pada kehidupan biota di dalamnya. Dibawah ini diperkenalkan beberapa contoh perjalanan dari zat pencemar sebagai hasil samping dari kegiatan pembangunan dan pengaruhnya pada air. 

1. Dampak pencemaran minyak pada biota air
Pencemaran minyak adalah lepasnya minyak kedalam lingkungan dapat bersifat kronik atau akut. Kronik yaitu situasi dimana minyak terlepas ke lingkungan pada suatu waktu mungkin tidak terlalu banyak, namun jumlah kumulatif yang terlepas pada suatu periode waktu menjadi cukup berarti pengaruhnya. Akut yaitu situasi dimana pada kejadian pencemaran tertentu jumlah minyak yang terlepas ke lingkungan besar pada periode waktu yang pendek. Pencemaran minyak ini dapat diakibatkan oleh kegiatan pada tahap operasional seperti instalasi refineries, pipa, tanki penyimpan minyak, bengkel, atau fasilitas transportasi seperti kapal tanker minyak atau tanker darat.

Pengaruhnya pada biota air:
Minyak dapat berdampak pada biota air dengan penyebar luasan minyak dan mengenai tumbuhan dan hewan air, dan dapat mencegah berlangsungnya fungsi biologi perairan secara normal. Pencemaran minyak secara akut seringkali menyebabkan kematian yang relatif cepat banyakjenis biota air yang hidup diperairan yang tercemar. 

Pencemaran minyak secara kronik mungkin mempengaruhi biota air secara lebih selektif, dan mungkin hanya berpengaruh pada sebagian kecil biota air yang ada. Walaupun demikian dalam periode waktu yang panjang mungkin dapat berdampak negatif yang serius untuk ekosistem perairan yang tercemar.

2. Dampak pencemaran bahan kimia pada biota air
Pencemaran bahan kimia adalah lepasnya bahan kimia (umumnya berupa cairan) kedalam lingkungan dapat bersifat kronik dan atau akut. Kronik yaitu situasi dimana minyak terlepas ke lingkungan pada suatu waktu mungkin tidak terlalu banyak, namun jumlah kumulatif yang terlepas pada suatu periode waktu menjadi cukup berarti pengaruhnya. Akut yaitu situasi dimana pada kejadian pencemaran tertentu jumlah minyak yang terlepas ke lingkungan besar pada periode waktu yang pendek.

Pencemaran bahan kimia pada tahap operasional misalnya kegiatan pemrosesan minyak menggunakan zat-zat kimia berupa demulsifier, corrosion inhibitor dan scale inhibitor. Bahan-bahan kimia tersbut bila tidak dikelola penggunaanya dengan baik dapat mencemari perairan bebas yang pada akhirnya akan terakumulasi bahan jaringan tubuh organisme air.

Pengaruhnya pada biota air:
Pencemaran bahan kimia berdampak negatif pada biota air karena dapat gagalnya fungsi biologi seperti metabolisme, reproduksi, fotointesis, dan pengikatan nutrien. 

3. Dampak pencemaran oleh sampah domestik dan sampah kegiatan industri pada biota air
Buangan sampah domestik adalah buangan sampah dari permukiman atau kompleks industri. Umumnya buangan sampah domestik ini terdiri dari bahan padat dengan jumlah yang cukup besar. Pada berbagai aktifitas pada tahap operasional di kompleks industri pemrosesan minyak dan gas selalu menghasilkan sampah industri terutama berupa baan padat yang cukup besar. Sampah padat ini dihasilkan dari sisa bahan konstruksi atau pemeliharaan fasilitas produksi maupun sampah padat dari keperluan sehari-hari para karyawannya.

Pengaruhnya pada biota air:
Sampah domestik dapat mempengaruhi biota air di lahan basah secara tidak langsung sebagai akibat perubahan fisik air dan tertimbunnya tumbuhan air oleh sampah padat yang terbawa oleh air. Beberapa bentuk sampah padat dapat menambah input nutrien dan bahan toksik dalam jumlah besar ke dalam lahan basah.Pembuangan sampah padat dari kegiatan industri dalam jumlah besar mungkin dapat menimbun vegetasi alami, menghalangi gerakan air, sehingga mengurangi suply air untuk suatu lahan basah, menambah muatan sediment pada lahan basah bagian bawah dan menjadi sumber terlepasnya nutrien dan bahan toksik yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kehidupan air. Sampah domestik juga mengurangi keindahan lingkungan air

4. Dampak pencemaran panas pada biota air
Pencemaran panas adalah pelepasan air yang suhunya lebih rendah hatau lebih tinggi dari suhu air badan air tempat pelepasan air. Pencemaran air dingin biasanya terjadi bila air dari lapisan bawah yang dingin dari suatu bendungan dilepaskan. Sedangkan pencemara air panas t umumnya terjadi berkaitan dengan pelepasan air pendingin pada proses industri, misalnya pada industri pengolahan gas.

Pengaruhnya pada biota air:
Pencemaran panas menyebabkan kondisi suhu yang tumbuhan maupun hewan tidak mampu mentolerir, sehingga menyebabkan kematian langsung atau pelan-pelan. Misalnya hutan mangrove dan biota air yang bergantung padanya menjadi mati. Pencemaran panas juga dapat menciptakan kondisi yang ideal untuk kehidupan suatu hama atau tumbuh suburnya biota air yang tidak dikehendaki manusia.

Subscribe to receive free email updates: