Ads 468x60px

Pages

February 19, 2013

Contoh Proposal Tugas Akhir

Contoh Proposal Tugas Akhir
BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Masalah
Tata ruang kantor merupakan salah satu hal penting dalam memasuki sebuah perusahaan. Kantor dengan tata ruang yang tidak teratur (tidak baik) pasti membuat klien atau tamu perusahaan berpendapat bahwa kinerja kantor tersebut tidak jauh berbeda dengan tampilan tata ruangnya.
Kantor yang menyenangkan adalah tempat yang tidak membosankan dan dapat menambah gairah kerja karyawan dalam rangka mendukung mutu kegiatan perkantoran dan tercapainya tujuan perusahaan. Maka secara tidak langsung peran dan suasana kantor sangat mendukung aktivitas karyawan yang bekerja di kantor tersebut.
Tidak semua perusahaan swasta maupun pemerintah memandang ruang kantor sesuatu hal yang penting. Masih banyak ruang kantor yang tidak teratur dan menghambat keefektivitasan kerja setiap karyawan. Pada dasarnya tata ruang kantor berhubungan langsung dengan manajemen perkantoran. Saya akan menulis defenisi kantor. Kantor adalah tempat penyedia informasi dalam rangka memperlancar tugas maupun aktivitas-aktivitas di segala bidang. Dengan demikian kantor merupakan tempat kegiatan diselenggarakannya aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan informasi untuk memperlancar kegiatan diberbagai unit dan merupakan proses untuk menangani informasi mulai dari penerimaan, pengumpulan, megelola, menyimpan, dan mendistribusikan (menyalurkan) informasi (Sukoco 2007).
Melakukan tugas kantor seperti yang sudah didefenisikan diatas memerlukan konsentrasi penuh karena yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut adalah manusia (karyawan), semangat kerja karyawan dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Oleh sebab itu perencanaan ruang kantor merupakan hal yang penting dalama sebuah manajemen perkantoran untuk mengatur ruangan yang efesien menimbulkan kepuasaan kerja bagi pegawai,dan melaksanakan pekerjaan kantor, menyusun tempat kerja, meletakkan perlengkapan kantor pada tempatnya, menyusun ruang kantor yang jauh pemborosan tenaga, waktu dan hal-hal yang merugikan perusahan tanpa mengurangi tujuan yang hendak dicapai perusahaan.
1.2    Identifikasi Masalah
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, maka penulis dapat merumuskan masalah yaitu: Sejauh mana peran tata ruang kantor pada PT. Jamsostek Cabang Medan.
1.3    Batasan Masalah
Untuk menghindari terjadinya pengembangan masalah, maka penulis membatasi masalah, sehingga permasalahannya akan lebih terarah yaitu peran tata ruang kantor pada PT. Jamsostek Cabang Medan
1.4    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini, untuk mengetahui peran tata ruang kantor pada PT. Jamsostek Cabang Medan dan sudahkah tata ruang kantor dapat mendukung kelancaran kerja karyawan.
1.4.2 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
1.   Bagi Penulis
Penelitian ini bermanfaat untuk dapat menbandingkan antara ilmu teori yang didapat selama kuliah dengan penerapan di lapangan, serta menambah dan memperluas wawasan penulis tentang peran tata ruang kantor.
2.      Bagi Perusahaan
Dapat dijadikan bahan masukan kepada PT. Jamsostek Cabang Medan bahwa tata ruang kantor dan penyusunan alat-alat kantor dapat meningkatkan kelancaran kerja karyawan dan mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
3.      Bagi Politeknik LP3I
Untuk memberikan manfaat dan berguna untuk penelitian selanjutnya. Serta sebagai pertimbangan dan masukan dalam menyempurnakan penelitian-penelitian selanjutnya.

1.5   Metode Penelitian
1.5.1       Tempat Penelitian
Tempat yang diambil penulis untuk melakukan riset dan objek penelitian adalah PT. Jamsostek Cabang Medan yang terletak di Jl. Kapten Pattimura No. 334 Medan.
1.5.2       Jenis dan Sumber Data
1.      Jenis Data
a.      Data Primer
Data Primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumber asli yaitu dari hasil wawancara dengan staff dan pegawai PT. Jamsostek Cabang Medan.
b.      Data Sekunder
Data sekunder merupakan jenis data yang diperoleh dari sumber secara tidak langsung melalui media perantara yaitu melalui internet, buku referensi yang berhubungan dengan judul penelitian dan dokumentasi perusahaan seperti data sejarah pereusahaan, dan struktur organisasi.
2.      Sumber Data
Sumber data yang diperoleh penulis dalam menyelesaikan penelitian ini yaitu:
a.      Data internal
Data yang diperoleh dari perusahaan secara langsung yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas akhir ini seperti wawancara dan data dokumentasi.
b.      Data eksternal
Data yang diperoleh dari sumber buku, referensi dan artikel yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan.
1.5.3      Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan:
1.      Penelitian Lapangan (Field Research)
Yaitu mengumpulkan data-data tentang objek penelitian di lapangan denagn cara:
a.      Observasi (Observation)
Yaitu melakukan pengamatan langsung ke lokasi objek penelitian untuk menemukan gejala yang berkaitan dengan penelitian.
b.      Wawancara (interview)
Yaitu melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak yang mengetahui permasalahan dari objek yang sedang diteliti sehingga penelitian mendapat gambaran yang konkrit.


2.      Tinjauan Kepustakaan (Library Research)
Yaitu metode pengumpulan data dengan cara meninjau, membaca dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan peran tat ruang kantor, yang kemudian penulis bandingkan dengan data yang diperoleh dari perusahaan.
1.5.4      Metode Analisis Data
Metode analisa yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode menggambarkan hasil penelitian dalam pembahasan penelitian
1.6    Sistematika Penulisan
BAB I                 : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis akan membahas tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data dan metode analisa data.
BAB II               : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dijelaskan tentang landasan teori yang berkaitan dengan judul yang diajukan, berdasarkan referensi buku bacaan yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III              : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini penulis menjelaskan sejarah singkat perusahaan, visi dan misi, serta struktur organisasi PT. Jamsostek Cabang Medan
BAB IV              : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini penulis menjelaskan tentang hasil penelitian dan membahas teori yang sudah pernah dilakukan sebelumnya
BAB V                : KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini penulis menjelaskan tentang kesimpulan berdasarkan dari Bab I sampai dengan Bab IV, serta penulis berikan saran yang sangat berguna bagi penulis pribadi dan perusahaan.