BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Tata ruang kantor merupakan salah satu
hal penting dalam memasuki sebuah perusahaan. Kantor dengan tata ruang yang
tidak teratur (tidak baik) pasti membuat klien atau tamu perusahaan berpendapat
bahwa kinerja kantor tersebut tidak jauh berbeda dengan tampilan tata ruangnya.
Kantor yang menyenangkan adalah tempat
yang tidak membosankan dan dapat menambah gairah kerja karyawan dalam rangka
mendukung mutu kegiatan perkantoran dan tercapainya tujuan perusahaan. Maka
secara tidak langsung peran dan suasana kantor sangat mendukung aktivitas karyawan
yang bekerja di kantor tersebut.
Tidak semua perusahaan swasta maupun
pemerintah memandang ruang kantor sesuatu hal yang penting. Masih banyak ruang
kantor yang tidak teratur dan menghambat keefektivitasan kerja setiap karyawan.
Pada dasarnya tata ruang kantor berhubungan langsung dengan manajemen
perkantoran. Saya akan menulis defenisi kantor. Kantor adalah tempat penyedia
informasi dalam rangka memperlancar tugas maupun aktivitas-aktivitas di segala
bidang. Dengan demikian kantor merupakan tempat kegiatan diselenggarakannya
aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan informasi untuk memperlancar kegiatan
diberbagai unit dan merupakan proses untuk menangani informasi mulai dari
penerimaan, pengumpulan, megelola, menyimpan, dan mendistribusikan
(menyalurkan) informasi (Sukoco 2007).
Melakukan tugas kantor seperti yang
sudah didefenisikan diatas memerlukan konsentrasi penuh karena yang akan
melaksanakan pekerjaan tersebut adalah manusia (karyawan), semangat kerja
karyawan dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Oleh sebab itu perencanaan ruang
kantor merupakan hal yang penting dalama sebuah manajemen perkantoran untuk
mengatur ruangan yang efesien menimbulkan kepuasaan kerja bagi pegawai,dan
melaksanakan pekerjaan kantor, menyusun tempat kerja, meletakkan perlengkapan
kantor pada tempatnya, menyusun ruang kantor yang jauh pemborosan tenaga, waktu
dan hal-hal yang merugikan perusahan tanpa mengurangi tujuan yang hendak
dicapai perusahaan.
1.2
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan penelitian yang dilakukan
penulis, maka penulis dapat merumuskan masalah yaitu: Sejauh mana peran tata
ruang kantor pada PT. Jamsostek Cabang Medan.
1.3
Batasan
Masalah
Untuk menghindari terjadinya
pengembangan masalah, maka penulis membatasi masalah, sehingga permasalahannya
akan lebih terarah yaitu peran tata ruang kantor pada PT. Jamsostek Cabang
Medan
1.4
Tujuan
dan Manfaat Penelitian
1.4.1
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis melakukan
penelitian ini, untuk mengetahui peran tata ruang kantor pada PT. Jamsostek
Cabang Medan dan sudahkah tata ruang kantor dapat mendukung kelancaran kerja
karyawan.
1.4.2 Manfaat Penelitian
Adapun
manfaat penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah:
1.
Bagi
Penulis
Penelitian
ini bermanfaat untuk dapat menbandingkan antara ilmu teori yang didapat selama
kuliah dengan penerapan di lapangan, serta menambah dan memperluas wawasan
penulis tentang peran tata ruang kantor.
2. Bagi Perusahaan
Dapat dijadikan
bahan masukan kepada PT. Jamsostek Cabang Medan bahwa tata ruang kantor dan
penyusunan alat-alat kantor dapat meningkatkan kelancaran kerja karyawan dan
mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
3. Bagi Politeknik
LP3I
Untuk memberikan
manfaat dan berguna untuk penelitian selanjutnya. Serta sebagai pertimbangan
dan masukan dalam menyempurnakan penelitian-penelitian selanjutnya.
1.5 Metode
Penelitian
1.5.1
Tempat
Penelitian
Tempat yang
diambil penulis untuk melakukan riset dan objek penelitian adalah PT. Jamsostek
Cabang Medan yang terletak di Jl. Kapten Pattimura No. 334 Medan.
1.5.2
Jenis
dan Sumber Data
1. Jenis Data
a. Data
Primer
Data Primer
merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumber asli yaitu dari hasil
wawancara dengan staff dan pegawai PT. Jamsostek Cabang Medan.
b. Data
Sekunder
Data sekunder merupakan
jenis data yang diperoleh dari sumber secara tidak langsung melalui media
perantara yaitu melalui internet, buku referensi yang berhubungan dengan judul
penelitian dan dokumentasi perusahaan seperti data sejarah pereusahaan, dan
struktur organisasi.
2. Sumber Data
Sumber data yang
diperoleh penulis dalam menyelesaikan penelitian ini yaitu:
a.
Data internal
Data yang
diperoleh dari perusahaan secara langsung yang diperlukan untuk menyelesaikan
tugas akhir ini seperti wawancara dan data dokumentasi.
b.
Data eksternal
Data yang
diperoleh dari sumber buku, referensi dan artikel yang berhubungan dengan
penelitian yang dilakukan.
1.5.3
Metode
Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam
penelitian ini adalah dengan melakukan:
1.
Penelitian
Lapangan (Field Research)
Yaitu
mengumpulkan data-data tentang objek penelitian di lapangan denagn cara:
a.
Observasi
(Observation)
Yaitu melakukan
pengamatan langsung ke lokasi objek penelitian untuk menemukan gejala yang
berkaitan dengan penelitian.
b.
Wawancara (interview)
Yaitu melakukan
tanya jawab secara langsung kepada pihak yang mengetahui permasalahan dari
objek yang sedang diteliti sehingga penelitian mendapat gambaran yang konkrit.
2.
Tinjauan
Kepustakaan (Library Research)
Yaitu metode
pengumpulan data dengan cara meninjau, membaca dan mempelajari buku-buku yang
berhubungan dengan peran tat ruang kantor, yang kemudian penulis bandingkan
dengan data yang diperoleh dari perusahaan.
1.5.4
Metode
Analisis Data
Metode analisa yang digunakan oleh penulis dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode
menggambarkan hasil penelitian dalam pembahasan penelitian
1.6
Sistematika
Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis akan membahas
tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan
dan manfaat penelitian, metode penelitian, jenis dan sumber data, metode
pengumpulan data dan metode analisa data.
BAB II : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dijelaskan tentang
landasan teori yang berkaitan dengan judul yang diajukan, berdasarkan referensi
buku bacaan yang berhubungan dengan penelitian.
BAB III : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini penulis menjelaskan
sejarah singkat perusahaan, visi dan misi, serta struktur organisasi PT.
Jamsostek Cabang Medan
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini penulis menjelaskan
tentang hasil penelitian dan membahas teori yang sudah pernah dilakukan
sebelumnya
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini penulis menjelaskan
tentang kesimpulan berdasarkan dari Bab I sampai dengan Bab IV, serta penulis
berikan saran yang sangat berguna bagi penulis pribadi dan perusahaan.