Kegiatan Organisasi
Sifat sistem informasi yang diperlukan oleh suatu organisasi sangat bergantung pada jenis kegiatan yang dilaksanakan serta jenis-jenis keputusan yang dibuat oleh pengguna informasi, yang mungkin saja mereka ini manajer, personel teknis dan administrasi. Kebutuhan informasi oleh manajer cenderung bervariasi sesuai dengan lapisan hirarkinya dalam organisasi, sebab kegiatan manajerial cenderung berbeda pada berbagai lapisan.
Kegiatan manajer di berbagai lapis dalam organisasi tertentu cenderung dibedakan dengan cara sistematik sbb :
1. Manajer lapis terendah :
· Penyeliaan langsung
· Review rinci kegiatan
· Pengendalian operasi
· Menyelesaikan masalah personil
2. Manajer puncak :
· Perencanaan strategis dan jangka panjang
· Analisis alternatif dan alokasi sumber daya
· Perumusan kebijaksanaan
· Review dan evaluasi keseluruhan
· Masalah-masalah kritis
· Kepemimpinan dan kegiatan seremonial
3. Manajer madya : gabungan antara tugas manajer puncak dan lapis terendah.