Membuat Quick Report

Membuat Quick Report
Pertama kali kita buat tampilan baru QReport melalui File - New - Report. Jika Anda tidak menemui menu report maka pilih menu File - New - Other - New - Report. Kemudian kita buat tampilan laporan yang kita inginkan. Kali ini penulis ingin menuliskan judul dari laporan, lambang, daftar mahasiswa, jumlah mahasiswa, tanggal, jam, serta nomor halaman, maka diperlukan komponen sebagai berikut:

- QRBand, untuk memberikan batasan - batasan sesuai dengan jenis penulisan.
- QRLabel, untuk menampilkan tulisan yang kita inginkan
- QRDBtext, untuk menampilkan data field yang kita inginkan
- QRExpr, untuk melakukan mengolah data field database dengan operasi    matematika, statistic , tanggal dan waktu,logical, information dan yang lainnya.
- QRSysData, untuk menampilkan tanggal dan jam (qrstime,qrsdate,qrsdatetime), jumlah record (qrsdetailcount), Nomor urut record (qrsdetailno), nomor halaman (qrspagenumber).
- QRShape, untuk mengambar bentuk - bentuk tertentu misalnya garis, lingkaran, bujur sangkar dan lainnya.
- QRImage, untuk menampilkan picture dari file tertentu.

Tampilan laporan seperti berikut ini:
Sebelum membuat tampilan lebih dulu kita kopi Table1 di Form1 dan di-paste pada Quick Report. Pastikan property Active pada Table1 adalah true, cek isi property TableName dan property DatabaseName apakah sudah betul. Kemudian ubah property DataSet di Quick Report ke nama tabel yang kita gunakan.

Subscribe to receive free email updates: