Cara Pembuatan Laporan Yang Benar

Cara Pembuatan Laporan Yang Benar
Setiap aplikasi database menuntut terciptanya laporan-laporan yang kemudian akan ditujukan ke user(pengguna aplikasi). Borland C++ Builder telah menyediakan komponen-komponen khusus untuk membuat sebuah laporan secara mudah dan cepat, yaitu yang dikelompokkan ke dalam tab page Quick Report pada Component Pallete.

Pada modul ini, kita akan belajar membuat aplikasi database yang menghasilkan sebuah laporan sederhana dengan menggunakan Quick Report untuk kemudian dicetak ke printer. Meskipun banyak pakar memperkenalkan konsep kantor tanpa kertas, tapi dalam kenyataannya, laporan dalam bentuk kertas masih sering diperlukan. Sebuah laporan yang lengkap secara prinsip dapat terdiri dari 7 bagian sebagai berikut :
-          Bagian Judul (title).
-          Bagian header halaman (page header).
-          Bagian header grup (group header).
-          Bagian rincian (detail).
-          Bagian footer grup (group footer).
-          Bagian footer halaman (page footer).
-          Bagian ringkasan (summary).

Bagian Judul (title).
Bagian judul adalah bagian laporan yang hanya dicetak sekali saja, yakni pada saat laporan pertama kalinya mulai dicetak. Biasanya bagian judul dipakai untuk menampilkan nama file yang dicetak, tanggal hari ini, nama perusahaan atau nama jenis laporan. Pada gambar 5.1 bagian judul digunakan untuk mencetak nama laporan.

Bagian header halaman (page header).
Bagian headerhalaman adalah bagian laporan yang dicetak di awal halaman setiap kali berganti halaman baru, biasanya dipakai untuk menampilkan nama field yang record-record-nya akan dicetak. Sering pula bagian header digunakan hanya untuk menampilkan garis -----------------, sebagai pembatas bagian rincian. Pada gambar 5.1. bagian header halaman dipakai untuk menampilkan tanda batas ------------- dan nama field.

Bagian header grup (group header).
Rincian yang dicetak dapat dikumpulkan dalam kelompok tertentu. Misalnya saja dalam contoh laporan pada gambar 5.1., rincian faktur dikelompokkan berdasarkan nama supplier (PT. Jaya Saputra). Disini kita dapat menampilkan header grup untuk menunjukkan judul kelompok recordyang dicetak.

Bagian rincian (detail).
Bagian rincian sering disebut pula bagian detail. Sesuai namanya, bagian ini berisi rincian data yang dicetak. Artinya, data yang ingin kita cetak, dicetak lewat bagian rincian . Dalam contoh laporan gambar 5.1., bagian rincian berfungsi menampilkan record-record dari suatu database.

Bagian footer grup (group footer).
Sebagai penutup kelompok record, kita dapat tampilkan footer grup. Footer grup sering juga untuk menampilkan subtotal dari kelompok record yang ditampilkan.

Bagian footer halaman (page footer).
Bagian footer halaman adalah bagian laporan yang dicetak diakhir halaman setiap kali akan bergantian halaman. Kita dapat menggunakan bagian footer untuk mencetak nomor halaman, atau garis --------------- sebagai pembatas bagian rincian. Kita juga dapat menggunakan bagian footer untuk mencetak subtotal untuk record-record yang ditampilkan dalam halaman bersangkutan.

Bagian ringkasan (summary).
Bagian ringkasan adalah bagian laporan yang dicetak menjelang selesainya laporan. Jadi, bagian ini selalu dicetak sesaat sebelum laporan selesai. Umumnya bagian ini dapat kita gunakan untuk mencetak nama file yang dicetak, nama operator komputer atau kita gunakan untuk mencetak total record yang tercetak.

Subscribe to receive free email updates: