1. LATAR BELAKANG
Igo, go, weiqi, atau baduk
adalah permainan papan strategis antar dua pemain, berasal dari Tiongkok
sekitar 2000 SM sampai 200 SM. Permainan ini sekarang populer di Asia Timur.
Pengembangan sistem untuk bermain igo melalui Internet telah meningkatkan
popularitasnya di belahan dunia lain.
Di Indonesia,
nama igo dan go sama-sama digunakan. Go adalah nama Inggrisnya yang berasal
dari pelafalan bahasa Jepang aksara 碁 (go), walaupun di Jepang permainan
ini biasa disebut 囲碁 (igo). Namanya di bahasa Tionghoa yaitu 圍棋
(trad.)/围棋 (sed.) (pinyin: wéiqí) kurang
lebihnya berarti "permainan papan mengelilingi (wilayah)". Nama
kunonya adalah 弈 (pinyin: yì), dan juga terdaftar dalam Kamus Kangxi
sebagai 碁. Permainan ini disebut 바둑
(baduk) di bahasa Korea.
Kedua
pemain, hitam dan putih, bertempur untuk memaksimalkan wilayah yang mereka
kuasai, mengelilingi daerah besar di papan dengan batu-batunya, menjebak
batu-batu musuh yang menyusup daerahnya, dan melindungi batu-batu mereka dari
penangkapan. Strategi yang terlibat sangatlah halus namun kompleks. Beberapa pemain tingkat tinggi mendedikasikan
waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan strateginya. Bagi sebagian orang, igo
adalah permainan strategi yang paling hebat karena mengalahkan catur maupun
shogi dalam hal kompleksitasnya.
Igo biasanya
diklasifikasikan sebagai permainan papan abstrak. Walaupun begitu, kemiripan
permainan igo dengan perang sering disebutkan. Sebagai contoh, tulisan klasik
Tiongkok The Art of War (孫子兵法) kadang-kadang diterapkan pada
strategi igo. Di lain pihak, strategi umum igo sering dituangkan dalam pepatah
dan bisa diterapkan pada konteks lain misalnya manajemen.
Perang di
dunia nyata berakhir ketika kedua belah pihak menandatangani perjanjian. Di
igo, kedua pemain harus setuju
bahwa permainan telah selesai. Setelah itu nilai dan pemenangnya baru dapat
ditentukan.
2. PERUMUSAN MASALAH
Masalah
yang kami temukan dalam perancangan dan pembuatan game ini adalah :
1. Mendesain Board 5 X 5
2. Membuat logika prinsip game
3. Membuat Algoritma dan Flowchart
4. Menerjemahkan Algoritma dan flowchart ke
source code
3. BATASAN MASALAH
Pada
Aplikasi Game IGO Board 5 X 5 ini diberikan pembatasan masalah sebagai berikut:
- Game menggunakan board 5 X 5
- Game dibatasi hanya pada permainan mengambil atau menangkap batu lawan, tidak sekompleks permainan igo yang memperebutkan wilayah.
4. TUJUAN
Aplikasi
ini di buat dengan tujuan untuk membuat game sederhana yang bisa mengasah
kecerdasan otak, dan diharapkan dapat memperkenalkan sebagian aturan dasar
permainan IGO kepada mahasiswa, Aplikasi ini juga dibuat sebagai salah satu
nilai tugas UTS.
5. MANFAAT
Game
merupakan sebuah wadah yang menampung berbagai macam seni baik itu seni rupa,
seni penulisan (seni cerita), seni musik, maupun seni gerak.
Aplikasi
Game IGO ini diharapkan menjadi game sederhana yang dapat dimainkan untuk
mengisi waktu dan mengasah otak. Selain itu aplikasi ini diharapkan juga dapat
memperkenalkan permainan IGO dan beberapa aturan dasar dalam bermain IGO.
7. JADWAL PENELITIAN
No.
|
Kegiatan
|
Hari / Bulan |
|||||||
Des
02
|
Des
03
|
Des
04
|
Des
05
|
Des
06
|
Des
07
|
Des
08
|
Des
09
|
||
1
|
Studi Kepustakaan
|
||||||||
2
|
Penulisan Proposal
|
||||||||
3
|
Pengumpulan Data
|
||||||||
4
|
Pembuatan Sistem/Program
|
||||||||
5
|
Pengujian Sistem
|
||||||||
6
|
Penulisan Laporan Akhir
|