Class Diagram

Class Diagram
Class Diagram
Gambar.  Class Diagram Aplikasi SIG Banjir Class dalam notasi UML digambarkan dengan kotak, yang pada dasarnya terbagi atas tiga bagian yaitu Nama Class, Atribut, dan Operation. Pada diagram diatas terdapat tiga kotak class (project, view, dan tabel) yang merupakan menu-menu utama pada aplikasi ini. Pada Class Diagram di atas terdapat simbol belah ketupat (Agregasi) di bawah class project, Agregasi disini merupakan hubungan "bagian-dari" atau "bagian-ke-keseluruhan". Agregasi menyatakan bahwa suatu Project bisa terbagi (teragregasi) atas bagian-bagiannya (yaitu: view dan tabel). Hubungan Project dengan View adalah "satu-kebanyak" dengan notasi 1+ (yang juga disimbolkan dengan lingkaran berisi). Ini berarti setiap Project bisa memiliki view lebih dari satu namun harus memiliki minimal satu view. Begitu juga hubungan Project dengan Tabel adalah "satu-kebanyak".

Class Diagram


Gambar. Class Diagram Aplikasi SIG Banjir Menu View Class Diagram di atas merupakan model dari generalisasi atau pewarisan yang berarti relasi ke atas beberapa subclass (Peta Banjir 2007, Peta Banjir 2002, dan Sistem Peringatan Dini) kepada superclass (View) yang ditunjukkan dengan simbol segitiga. Generalisasi berarti menyimpan atribut atau data yang sama untuk ke-empat subclass view. Atribut-atribut yang dimiliki secara bersamaan oleh keempat subclass view adalah theme dan legend. Pada pewarisan ini memungkinkan atribut-atribut yang sama cukup dituliskan sekali saja pada superclass dan tidak perlu ditulis ulang pada subclass yang mewarisi atribut-atribut yang sama itu.

Class Diagram




Gambar. Class Diagram Aplikasi SIG Banjir Menu Tabel Class Diagram di atas juga merupakan model dari generalisasi atau pewarisan yang berarti relasi ke atas beberapa subclass (5Wilayah, 13Sungai, 78Genangan, Banjir/wil, Daerah Berpotensi Genangan, dan Sistem Peringatan Dini) kepada superclass (Tabel) yang ditunjukkan dengan simbol segitiga. Atribut-atribut yang dimiliki secara bersamaan oleh ke-empat subclass view adalah theme dan legend.

Subscribe to receive free email updates: