Metode Ekspositori adalah

Metode Ekspositori
Menurut Tim MKPBM (2001: 171) metode ekspositori sama seperti metode ceramah tetapi dominasi guru banyak berkurang, karena guru tidak terus-menerus berbicara. Guru berbicara pada awal pelajaran, menerangkan materi dan membimbing siswa dalam memahami materi serta memberi contoh soal. 
Dalam metode ekspositori siswa tidak hanya mendengar dan membuat catatan saja, tetapi juga membuat soal  dan bisa bertanya kalau tidak mengerti. Guru dapat memeriksa pekerjaan siswa secara individual, atau menjelaskan kembali kepada siswa secara individual atau klasikal. Pada metode ekspositori siswa belajar lebih aktif daripada metode ceramah. Siswa mengerjakan latihan soal sendiri atau juga dapat berdiskusi dengan temannya.
Menurut David P. Ausubel yand dikutip oleh Tim MKPBM (2001: 171) metode ekspositori merupakan cara mengajar yang paling efektif dan efisien dalam menanamkan belajar bermakna. Sehingga metode ekspositori merupakan  cara yang paling efektif dan efisien untuk mengajar matematika.
Menurut David P. Ausubel yand dikutip oleh Tim MKPBM (2001: 171), belajar dibedakan menjadi: belajar dengan menerima (reception learning) dan belajar melalui penemuan (discovery learning).
1.      Belajar dengan menerima (reception learning)
Belajar dengan menerima, materi yang disajikan kepada siswa lengkap sampai bentuk akhir yang berupa rumus atau pola bilangan.
2.      Belajar melalui penemuan (discovery learning)

Pada belajar dengan penemuan, bentuk akhir yang berupa rumus, pola atau aturan-aturan yang lain harus ditemukan oleh siswa sendiri. Proses penemuannya dapat dilakukan oleh siswa sendiri atau dapat pula dengan bimbingan guru.

Menurut Muhibbin Syah (2002: 144) faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa dapat dibedakan menjadi tiga macam.
a.  Faktor internal (faktor dari dalam diri siswa), yaitu keadaan atau kondisi jasmani dan rohani siswa.
b.  Faktor eksternal (faktor dari luar siswa), yaitu kondisi lingkungan di sekitar siswa.
c. Faktor pendekatan belajar, yaitu jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan mempelajari materi-materi pelajaran.

Pemilihan metode pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mengajar sangat penting karena dapat mempengaruhi belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan penggunaan metode ekspositori dengan tepat akan menjadi metode yang baik untuk pembelajaran matematika.

Subscribe to receive free email updates: