Mencetak Laporan Menggunakan Quickreport

Mencetak Laporan Menggunakan Quickreport
Setelah sebelumnya kita telah pelajari dan praktekkan dasar - dasar borland builder, database dengan mysqldan accses dan pemrograman database serta perintah SQL dalam database. Kini saatnya kita membuat laporan untuk database yang sudah pernah kita buat sebelumnya (Database : perpustakaan). Pada pembahasan kali ini kita akan bahas dan praktekkan cara membuat laporan sederhana menggunakan Data Report  yang sudah terintegrasi langsung pada borland builder. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang sudah tidak sabar ingin mencoba membuat laporan agar dapat dicetak di kertas sesegera mungkin. Semoga masih semangat juga belajar pemrograman. SEMOGA

Sebelum membahas mengenai pengaksesan database access dengan borland c++ builder menggunakan ADO DB, terlebih dahulu kita membahas mengenai database pada C++ Builder.

C++Builder dapat membuat aplikasi database (basis data). Aplikasi database adalah aplikasi yang didalamnya terdapat proses pengaksesan dan pemanipulasian data dari sebuah database (kumpulan tabel) dimana data-data tersebut akan dihubungkan dengan sebuah User Interface (UI) atau form-form. Lingkungan database sering dikenal dengan istilah Back End, sedangkan ADO DB adalah teknologi dari Microsoft yang menambahkan akses berorientasi objek ke berbagai sumber data. ADO pada dasarnya terpalet dalam Microsoft OLE DB. ADO dapat digunakan untuk mengakses database FoxPro atau Access, Microsoft SQL Server, Oracle database, file dBASE, dan sebagainya.

Subscribe to receive free email updates: