RPP SMP Seni Budaya Kelas IX Semester II

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan      : SMP …………
Mata Pelajaran            : Seni Budaya
Kelas/ Semester           : IX / II
Pelajaran Ke                : 2 (dua)
Alokasi Waktu            : 2 x 45 Menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kopetensi      : Historis musik Indonesia
Kompetensi Dasar       : Sejarah musik tradisi di Indinesia

Indikator
1.      Priodesasi musik
2.      Muncul musik di Indinesia
3.      Berkaitan musik nasional
4.      Produksi musik dan lagu secara umum


Karakter yang diwujudkan
1.      Menumbuhkan kemampuan
2.      Mampu bernyanyi
3.      Berjiwa loyal

Tujuan Pembelajaran
Tujuan pokok pembelajaran Siswa mampu dan dapat :
1.      Mengenali sejarah spespikasi musik
2.      Mengelompokkan jenis musik dan lagu
3.      Menstandarisasikan musik dan lagu

Materi Pembelajaran
Catetan
Ternyata musik dan lagu mampu menetralisir kondisi labil menjadi kondusip.
Model Pembelajaran
 Kegiatan Pembelajaran
A












B














C
Kegiatan Awal
Karakter yang akan diwujudkan
Alokasi Waktu
-          Pra pembelajaran
Guru mengkondisikan kelas untuk pembelajaran (berdo’a memberikan salam dan memperhatikan kelas)
-          Apersefsi (Pretes)
Mengikatkan kembali materi yang telah lalu
-          Motifasi
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti
-          Eskplorasi
Peserta didik mendata tahun sejarah musik

-          Elaborasi
Peserta didik membuat grafik perbandingan musik dan lagu kedepan

-          Konfirmasi
Peserta didik menyatakan musik tradisi Indonesia mampu dihadirkan di Internasional

Kegiatan Akhir
-          Peserta didik menganalisa sejarah musik Indonesia menurut priodesasi

-          Relegius




-          Terampil






-          Tanggung Jawab




-          Cinta Ilmu


Media Pembelajaran
1.      Papan Tulis
2.      Spidol
3.      Buku paket
Medan,       Januari 2013
Mengetahui,                                                                                        Guru Bidang Study
Ka. SMP …………….


…………………….                                                                           …………………

Subscribe to receive free email updates: