Satuan Pendidikan : …………..
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/ Semester : X / II
Pelajaran Ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kopetensi : Perbandingan Adat dengan Budaya
Kompetensi Dasar : Adat melingkupi suku sedangkan budaya
meliputi masyarakat setempat
Indikator
1.
Mendata adat didalam
beberapa suku
2.
Menulis batas-batas adat
istiadat yang berlaku
3.
Temuan nilai-nilai
perbedaan adat dengan budaya
4.
Kesimpulan antara adat
istiadat dengan budaya setempat
Karakter
yang diwujudkan
1.
Menumbuhkan prilaku moral
2.
Mengembangkan imajinasi
secara pribadi
3.
Menyadari pentingnya
aturan-aturan kehidupan
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan pokok pembelajaran Siswa
mampu dan dapat :
1.
Mampu melihat perbedaan
adat istiadat
2.
Melakukan estapet
tradisional bersifat positif
3.
Berkepribadian bersahaja
4.
Tinggi rasa memiliki
Materi
Pembelajaran
Defenisi
Adat istiadat dijunjung tinggi
didalam setiap suku yang sudah menjadi ketentuan sejak suku itu ada, dan diturunkan
secara turun menurun sedengankan budaya melingkupi dalam gerak-gerik pada
masyarakat setempat.
Model
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
A
B
C
|
Kegiatan Awal
|
Karakter yang akan diwujudkan
|
Alokasi Waktu
|
-
Pra pembelajaran
Guru mengkondisikan kelas untuk
pembelajaran (berdo’a memberikan salam dan memperhatikan kelas)
-
Apersefsi (Pretes)
Mengikatkan kembali materi yang
telah lalu
-
Motifasi
Menginformasikan kompetensi yang
akan dicapai
Kegiatan Inti
-
Eskplorasi
a. Peserta didik
memperhatikan perbandingan adat istiadat
b. Peserta didik
mendandai perbedaan adat istiadat
-
Elaborasi
a. Peserta didik
menunjukkan contoh perbedaan
b. Peserta didik
mengelompokkan perbedaan adat istiadat
-
Konfirmasi
a. Peserta didik
mempersentasekan hasil pengelompokkan
Kegiatan Akhir
-
Peserta didik membuat kesimpulan dalam bentuk
defenisi secara individual
|
-
Relegius
-
Terampil
-
Tanggung Jawab
-
Cinta Ilmu
|
Media Pembelajaran
1.
Papan Tulis
2.
Spidol
3.
Buku Referensi Adat
Medan, Januari 2013
Mengetahui, Guru
Bidang Study
Ka. SMA ………………..
………………….. …………