Definisi dan sejarah pengendalian kualitas

Definisi dan sejarah pengendalian kualitas
Kualitas diartikan sebagai derajat / tingkat produk atau jasa dapat memenuhi keinginan pengguna / konsumen.
Mutu adalah ukuran relatif kebaikan suatu produk. Produk bermutu  (quality product ) adalah suatu produk yang memenuhi harapan konsumen.

Produk bermutu (Quality Product) merupakan salah satu keunggulan perusahaan dalam menempati posisi tertentu dalam persaingan tertentu. Konsep mutu dapat dibagi menjadi 2 golongan:
1.          Mutu desain ( quality Of Design ), merupakan fungsi spesifikasi produk. Semakin banyak spesifikasi produk yang dimasukkan kedalam mutu, menyebabkan biaya produksi tinggi sehingga harga jual menjadi tinggi.
2.          Mutu Kesesuaian ( Quality Of Conformance ),adalah suatu ukuran seberapa jauh suatu produk memenuhi persyaratan atau spesifikasi mutu yang yang telah ditetapkan..

Pengendalian Kualitas adalah aktivitas pengendalian proses untuk mengukur ciri-ciri kualitas produk, membandingkannya dengan spesifikasi atau persyaratan, dan mengambil tindakan perbaikan yang sesuai apabila ada perbedaan dengan standar.

Jadi ada 3 aktifitas di dalam pengendalian kualitas:
a.       Pengamatan
b.       Membandingkan dengan standar
c.        Tindakan perbaikan

Prinsip-prinsip pengendalian kualitas pertama kali dikembangkan tahun 1923 oleh Walter A. Shewhart di The Bell Telephone Laboratories. Buku pertama pengendalian kualitas dipublikasikan oleh Shewhart pada tahun 1931 dengan judul Economic Control of Quality of Manufactured Product. Teknik-teknik dan standardisasi pengendalian kualitas semakin berkembang luas pada era perang dunia II. Pada tanggal 16 Februari 1946 dibentuk American Society for Quality Control.

Subscribe to receive free email updates: