Kualitas diartikan sebagai derajat /
tingkat produk atau jasa dapat memenuhi keinginan pengguna / konsumen.
Mutu adalah ukuran relatif kebaikan
suatu produk. Produk bermutu (quality product ) adalah suatu produk
yang memenuhi harapan konsumen.
Produk bermutu (Quality Product)
merupakan salah satu keunggulan perusahaan dalam menempati posisi tertentu
dalam persaingan tertentu. Konsep mutu dapat
dibagi menjadi 2 golongan:
1.
Mutu desain (
quality Of Design ), merupakan fungsi spesifikasi produk. Semakin banyak
spesifikasi produk yang dimasukkan kedalam mutu, menyebabkan biaya produksi
tinggi sehingga harga jual menjadi tinggi.
2.
Mutu Kesesuaian
( Quality Of Conformance ),adalah suatu ukuran seberapa jauh suatu produk
memenuhi persyaratan atau spesifikasi mutu yang yang telah ditetapkan..
Pengendalian Kualitas adalah aktivitas
pengendalian proses untuk mengukur ciri-ciri kualitas produk, membandingkannya
dengan spesifikasi atau persyaratan, dan mengambil tindakan perbaikan yang
sesuai apabila ada perbedaan dengan standar.
Jadi ada 3
aktifitas di dalam pengendalian kualitas:
a.
Pengamatan
b.
Membandingkan dengan standar
c.
Tindakan perbaikan
Prinsip-prinsip
pengendalian kualitas pertama kali dikembangkan tahun 1923 oleh Walter A.
Shewhart di The Bell Telephone Laboratories. Buku pertama pengendalian kualitas
dipublikasikan oleh Shewhart pada tahun 1931 dengan judul Economic Control of Quality of Manufactured Product. Teknik-teknik
dan standardisasi pengendalian kualitas semakin berkembang luas pada era perang
dunia II. Pada tanggal 16 Februari 1946 dibentuk American Society for Quality
Control.