Berbagai istilah dalam RDBMS

Berbagai istilah dalam RDBMS

Sebuah database mencakup sejumlah table dan juga objek-objek lain seperti indeks dan view.
·         Baris dan Kolom
Sebuah table berisi sejumlah baris data dan sejumlah kolom. Kolom (field) dapat didefinisikan sebagai satuan data terkecil dalam sebuah tabel. Nama pegawai, alamat dan nama bagian merupakan contoh-contoh kolom. Baris (record) adalah kumpulan kolom yang menyatakan suatu data yang saling terkait.
·         Hubungan
Pada model database relational, kaitan atau asosiasi dua buah table disebut hubungan (relationship). Hubungan dapat berupa:
o   1-1, yakni satu data pada suatu table berpasangan dengan hanya satu data pada tabel lain.
o   1-M, yakni satu data pada suatu table berpasangan dengan banyak data pada tabel lain.
·         Kunci Primer dan Kunci Tamu
Kunci primer (primary key) berperan sebagai identitas yang unik (tak kembar) untuk masing-masing baris data.
Kunci tamu atau kunci asing (foreign key) adalah sebuah kolom dalam sebuah tabel yang menjadi penghubung dengan kunci primer pada tabel lain.
·         Indeks
Indeks merupakan suatu mekanisme dalam database yang memungkinkan pencarian data dapat dilakukan dengan cepat. Pengaksesan data yang cepat terjadi karena didasarkan oleh teknik yang melandasi indeks. Ketika Anda mengindeks suatu kolom, sistem akan mengatur dengan sendirinya nilai-nilai kolom tersebut secara urut. Anda dapat membayangkan indeks ini seperti indeks buku.
Namun, walaupun indeks bermanfaat dalam mempercepat pencarian data, indeks sebenarnya membuat sistem penambahan, peremajaan, dan penghapusan data menjadi lebih lambat, karena setiap kali terjadi proses-proses tersebut, indeks akan diperbarui. Oleh karena itu, penggunaan indeks perlu dibatasi pada kolom-kolom tertentu saja.

Subscribe to receive free email updates: