Periode Akuntansi - Klasifikasi Biaya Dalam Hubungannya

Klasifikasi Biaya Dalam Hubungannya Dengan Periode Akuntansi : 
1.            Belanja Barang Modal (Capital Expenditure)
Belanja barang modal disebut juga sebagai pengeluaran modal.

Yaitu: Pengeluaran yang digunakan untuk mendapatkan atau menyempurnakan aktiva modal, seperti bangunana dan peralatan. Atau pengeluaran dana-dana oleh suatu perusahaan yang diharapkan menghasilkan manfaat selama periode waktu lebih dari satu tahun.

Pengeluaran modal dilakukan dengan beberapa alasan :
(i)                 Untuk ekspansi tingkat operasi, biasanya melalui akuisisi aktiva tetap. Suatu perusahaan yang sedang tumbuh seringkali mengganggap penting untuk mendapatkan aktiva tetap baru dengan cepat,kadang-kadang meliputi pembelian fasilitas-fasilitas fisik tambahan, seperti pabrik dan properti.
(ii)               Untuk penggantian. Karena pertumbuhan suatu perusahaan lambat maka dilakukan penggantian atau memperbaharui aktiva-aktiva yang telah usang.
(iii)             Memperbaharui sebagai alternative penggantian
(iv)             Untuk tujuan-tujuan lain,seperti pengeluaran untuk iklan,riset dan pengembangan, konsultan manajemen & produk-produk baru. 

2.            Pengeluaran Pendapatan (Revenue Expenditure)
Yaitu : Pengeluaran yang memberikan manfaat  yang digunakan atau dikonsumsi hanya pada periode berjalan.Diperlakukan sebagai biaya yang akan disesuaikan /dicocokan dengan penerimaan

Subscribe to receive free email updates: