Keputusan Yang Diusulkan, Pelaksanaan Dan Evaluasi

Klasifikasi Biaya Dalam Hubungannya Dengan Keputusan Yang Diusulkan, Pelaksanaan Dan Evaluasi
Biaya yang berhubungan dengan beberapa tindakan atau alternatif untuk mengidentifikasikan biaya (pengurangan biaya & penghematan biaya) dengan pendapatan yang relevan dengan keputusan pilihan tersebut, dikenal beberapa biaya yaitu: 

(i)                 Biaya Diferensial (Differential Cost): Salah satu nama dari biaya yang relevan dengan pilihan di antara berbagai alternatif. Biaya diferensial disebut juga Biaya Marjinal (marginal cost) atau biaya incremental (incremental cost)
(ii)               Biaya tunai (out of pocket): sejumlah biaya dikeluarkan jika satu alternatif tertentu dipilih.
(iii)             Biaya kesempatan (opportunity cost): Sejumlah pendapatan atau manfaat lain akan hilang bila alternatif tersebut dipiih.
(iv)             Biaya tertanam (sunk Cost): Biaya yang telah dikeluarkan dan ternyata tidak relevan dengan keputusan itu.
(v)               Biaya yang tak dapat terhindari (unavoidable cost): Biaya produk atau divisi untuk tidak melanjutkan suatu produk atau divisi .
(vi)             Biaya yang dapat dihindari (avidable cost): Biaya yang relevan dengan keputusan   

Dalam rangka untuk mengevaluasi kinerja manajer dikenal beberapa biaya yaitu :
(i)                 Biaya yang dapat dikendalikan (Controllable cost ) oleh manajer
(ii)               Biaya yang tidak dapat dikendalikan (Uncontrollable cost) : Biaya yang tidak dapat dikendalikan oleh manajer karena tidak relevan dengan evaluasi prestasi kerja manajer dan seharusnya manajer tersebut tidak diberikan tanggung jawab.

Subscribe to receive free email updates: