Membandingkan Web Toko Buku Online

Membandingkan Web Toko Buku Online 
Penggunaan teknologi yang multiguna saat ini mendorong para pengembang teknologi untuk memasarkan produk mereka melalui internet. Salah satunya adalah menggunakan website atau web sebagai media pemasaran. Pemilihan web sebagai media pemasaran membuat teknologi ini semakin eksis dan terus berkembang hingga saat ini. Apalagi dengan biaya pemasangan iklan sebuah produk pada internet yang lebih murah dibandingkan memasang iklan pada media cetak atau televisi.


Salah satu contoh pemanfaatan web adalah web toko buku online. Disini pelanggan dengan mudah mencari dan membeli produk secara langsung tanpa harus keluar rumah untuk berbelanja. Bahkan saat ini beberapa perusahaan mulai bersaing untuk membuat web yang user friendly, selalu update dan interface yang menarik agar pelanggan membeli produk mereka. Kemudahan bertransaksi baik menggunakan sistem transfer maupun jangkauan COD (Cash On Delivery) merupakan point utama dalam web penjualan. Ditambah dengan adanya variasi content dan promosi hadiah menjadi daya pikat tersendiri bagi konsumen baik dari kalangan muda sampai tua.


Pada paper ini akan dijabarkan perbandingan dari beberapa web toko online yang menjual buku. Beberapa sudut pandang dan parameter seperti interface, user friendly, database atau inventory dan Security dari beberapa web ini akan diukur dengan pendekatan yang sederhana.


Web merupakan salah satu media penyaji informasi yang sangat popular di era sekarang ini, dengan segala keunggulannya, memungkinkan informasi dapat didistribusikan secara cepat dan mendunia. Semakin pesatnya perkembangan tersebut yang memunculkan ide yang memanfaatkan web sebagai sarana perdagangan secara online. Didukung dengan kebutuhan manusia untuk membeli barang dan berbelanja maka munculah persaingan dalam mengembangkan web berbasis aplikasi penjualan (e-commerce). Beberapa pertimbangan utama agar konsumen lebih tertarik berbelanja secara online adalah keamanan saat bertransaksi diiringi dengan layanan yang mudah dan cepat.

Beberapa masalah yang umum ditemukan pada konsumen saat membeli sebuah buku dengan mendatangi tempat secara langsung. Masalah diatas juga menjadi kendala karena biaya, jarak dan waktu akan terbuang percuma apabila buku yang dicari tidak ditemukan. Berbelanja dengan cara online merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasinya. Web toko online mengacu pada pelayanan yang disediakan oleh perusahaan bagi pelanggan yang memerlukan informasi tentang suatu barang atau buku yang diperlukannya. 


Suatu sistem pemroses informasi yang diberikan web toko online tersebut memiliki kemampuan untuk mengakses data dan informasi yang dibutuhkan pelanggan melalui media internet agar pelanggan dapat mengakses data dengan mudah, cepat dan praktis. Hal terpenting dalam bertransaksi yang diberikan penyedia web toko online yaitu tingkat security saat login, penyimpanan identitas, aktifasi, memesan buku, hingga pengiriman buku ke tempat tujuan sehingga kepuasan pelanggan atau pembeli terjamin.


Pada Paper ini terdiri dari 4 bagian, bagian pertama mengenai pendahuluan yang menjelaskan mengenai dasar pembuatan paper ini. Bagian kedua mengenai Pendekatan yang terbagi menjadi 3 yaitu : pemilihan parameter, pengukuran parameter, dan pembobotan parameter final. Bagian ketiga berisi hasil pengukuran dan analisa. Bagian keempat berisi tentang kesimpulan dari isi paper.


1. Pendekatan
Pada sub-bagian lainnya telah diuraikan beberapa keunggulan dan kelebihan pada web toko online. Secara umum terdapat beberapa keunggulan pada web toko online tersebut meliputi :
  • Interface, pendekatan yang dilakukan adalah dengan melakukan browsing pada web toko online untuk mengetahui beragam interface diantara web toko online. Pendekatan ini dimaksudkan untuk mengetahui fiture- fiture dari tampilan pada web toko online agar mempermudah pemakai mengakses web tersebut.
  • User Friendly, pendekatan yang dilakukan adalah dengan melakukan pencarian berbagai model atau keunggulan pada web toko online. Pendekatan ini dimaksudkan untuk kenyamanan dan kemudahan pemakai untuk mengakses web toko online dalam pemesanan atau layanan yang disediakan pada web toko online. 
  • Database Update, pendekatan yang dilakukan adalah dengan melakukan pencarian buku-buku, detail buku, serta kemudahan aktifasi untuk menjadi pelanggan pada web toko online. Pendekatan ini dimaksudkan agar pemakai dapat mencari keterangan dari buku yang diinginkan serta kelengkapan web toko online tersebut menyediakan buku-buku yang tersedia.
  • Security, pendekatan yang dilakukan adalah dengan melakukan pengaksesan data untuk memesan buku. Pendekatan ini dimaksudkan agar pelanggan merasa nyaman dalam memesan buku yang dipesan pada web toko online. Kenyamanan ini dapat membuat pelanggan percaya serta memberikan kepercayaan pada suatu web toko online.


Pemilihan Parameter
Parameter yang diambil dalam pengamatan web diatas adalah dari segi fisik dan manfaat yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Beberapa parameter yang mencakup keseluruhan isi dari segi interface, user friendly dan update database merupakan suatu ukuran yang berorientasi pada pelayanan pada web dan lebih mempertimbangkan minat pemakai dan pelanggan. Sedangkan security merupakan hal yang menjadi pedoman utama untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan ketika melakukan transaksi. Parameter ini mengontrol dan merencanakan ketersediaan fasilitas-fasilitas yang terdiri atas : 


Parameter Ketersediaan 
Ketersediaan layanan-layanan / fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh pemakai merupakan layanan yang dibutuhkan agar pemakai dan pelanggan dapat mencari apa saja yang dibutuhkan. Terhadap akses total layanan yang tersedia bagi pembaca dan pelanggan amat tergantung pada keterlengkapan informasi yang ada.


Parameter Waktu Respon
Lamanya akses data suatu web toko online dapat dengan cara melakukan percobaan membuka satu persatu link yang ada dalam web toko online tersebut. 


Parameter Keandalan
  • Memiliki user interface yang baik
  • Memiliki kelengkapan data
  • Memiliki animasi program
  • Memiliki testimoni
  • Memiliki pesan yang menyatakan kiriman telah diterima
  • Memiliki user friendly yang baik
  • Memiliki transfer data yang cepat
  • Memiliki simulasi biaya pengiriman
  • Updatenya suatu data

Pengukuran Parameter
  • Pedoman pengukuran parameter interface :
  • Konten, ke-stabilan suatu konten yang berada pada web toko buku online.
  • Warna, kecerahan warna serta kepaduan warna yang digunakan.
  • Animasi, adanya suatu animasi pada web toko online tersebut.
  • Tampilan page, menyeluruhnya tampilan page pada web toko buku online.

Pedoman pengukuran parameter user friendly :
  • Akses buka page, kecepatan akses buku pada web toko buku online.
  • Bahasa
  • Testimoni, adanya suatu testimoni pada buku agar memudahkan pembaca pada web toko buku online.
  • Buku tamu

Pedoman pengukuran parameter database update :
  • Buku update, updatenya buku baru pada web toko buku online. 
  • Stok buku, ketersediaan buku pada web toko buku online.
  • Detail buku, kelengkapan keterangan buku pada web toko buku online.

Pedoman pengukuran parameter security :
  • Login & aktivasi, terisahnya login dan aktivasi pada halaman utama pada web toko buku online.
  • Bank transaksi, ketersediaannya bang yang digunakan untuk transaksi pada web toko buku online.
  • COD, ketersediaannya layanan pesan bayar yang disediakan pada web toko buku online.

Pembobotan Parameter Final
  • Pada tabel 1, tabel 2, dan tabel 3 telah di uraikan keunggulan serta kekurangan pada lima web toko buku online. Pada pembobotan parameter final dapat disimpulkan beberapa kesimpulan mengenai web toko buku online. Yaitu:
  • Interface, pembobotan yang dilakukan adalah pada segi tampilan yang dapat menarik serta mudah digunakan yang meliputi letak konten, perpaduan warna, animasi, dan tampilan page. Pada pembobotan parameter ini, setiap web dapat memiliki nilai 10% dari nilai seluruhnya.


  • User Friendly, pembobotan yang dilakukan adalah pada segi kemudahan untuk mengakses pada web toko online yang meliputi Akses buka page, bahasa, COD, testimoni, dan buku tamu. Pada pembobotan parameter ini, setiap web dapat memiliki nilai 20% dari nilai seluruhnya.
  • Database update, pembobotan yang dilakukan adalah pada segi kelengkapan data pada serta aktifasi menjadi pelanggan yang terdapat pada web toko buku online yang meliputi Buku update, stok buku, dan detail buku. Pada pembobotan parameter ini, setiap web dapat memiliki nilai 30% dari nilai seluruhnya.
  • Security, pembobotan yang dilakukan adalah pada segi keamanan pada web toko online agar pelanggan dapat mempercayai web tersebut, yang meliputi Login & aktivasi, bank transaksi, serta kepercayaan pada pengiriman COD. Pada pembobotan parameter ini, setiap web dapat memiliki nilai 40% dari nilai seluruhnya.

Hasil & Diskusi
Setelah dilakukan pengukuran parameter dan pembobotan parameter final maka diperoleh Hasil pengukuran dan Analisa.


Hasil pengukuran
Parameter yang diambil selama pengamatan web toko online yaitu pengamatan dari beberapa segi diatas.

Tabel Interface 





Tabel User Friendly 


Tabel Database Update 

Interface : range nilai 1-3, untuk 1 = nilai tertinggi dan untuk 3 nilai terendah


Tabel Security 

Content 40 % 
Warna 30%
Animasi 20%
Page 10 %
Total 100%

User interface : range nilai 1-3, untuk 1 = nilai tertinggi dan untuk 3 nilai terendah
Akses 50 %
Bahasa 35%
Testimoni 15 %
Total 100%

Database update : range nilai 1-3, untuk 1 = nilai tertinggi dan untuk 3 nilai terendah
Update 50%
Search 35 %
Detail 15 %
Total 100 %

Security : range nilai 1-3, untuk 1 = nilai tertinggi dan untuk 3 nilai terendah
Login & aktifasi 50%
Transfer bank 35%
COD 15%
Total 100%
X= Y/Z

Keterangan :
X = hasil (%)
Y = parameter bobot (%)
Z = bobot
∑x = jumlah dari hasil parameter


Tabel  Tabel Interface

Tabel  User Friendly 


Tabel  Database Update 

Tabel  Security


Analisa
Dari hasil perhitungan parameter, maka diperoleh: 
  • Peringkat tertinggi website dari segi interface adalah Bukukita.com dengan besar persentase 93.33%
  • Peringkat tertinggi website dari segi User Friendly adalah Bukukita.com dengan besar persentase 100%
  • Peringkat tertinggi website dari segi Database Update adalah Bukabuku.com dengan besar persentase 100%
  • Peringkat tertinggi website dari segi Security adalah Bukabuku.com dengan besar persentase 76.60%

Jumlah total dari seluruh perhitungan adalah :
  • Bukukita.com : 79.97 
  • Bukabuku.com : 69
  • Kutukutubuku.com : 67.27
  • Bookoopedia.com : 54.9
  • Bukudiskon.com : 49.22
Kesimpulan
  • Bukukita.com, merupakan web toko buku online yang powerfull. Pada halaman pertamanya terdapat beberapa animasi-animasi produk buku yang atraktif. Didukung dengan background abu-abu dan konten dengan kombinasi warna hijau dan biru, merupakan paduan warna yang menarik minat pemakai untuk menjelajah web ini. Data-data buku yang terdapat di web ini cukup banyak dan update sehingga memudahkan user untuk mengetahui buku-buku baru. Untuk keamanan pelanggan, bukukita.com memakai system kode aktifasi melalui email untuk pendaftarannya. Memang sedikit rumit untuk pemakai pemula.
  • Bukabuku.com, merupakan web toko buku online yang cukup membingungkan karena letak kontennya yang tidak stabil di setiap halamannya. Pemilihan warna yang dipakai tidak cukup memanjakan mata pemakai. Untuk keamanan pelanggan bukabuku.com tidak melakukan system kode aktifasi melalui email sehingga tidak cukup aman untuk kepentingan pelanggan, karena hanya memakai proses login pendaftaran saja.
  • Kutukubuku.com, merupakan web toko buku online yang tidak hanya menjual buku-buku saja tetapi web ini juga menjual DVD musik dan video, sehingga menjadikan web ini terasa lambat untuk pemakai mengakses setiap halaman web nya. Letak konten yang terdapat di setiap halaman juga tidak stabil dan terkesan standar. Proses pendaftaran tidak menggunakan proses konfirmasi melalui email pelanggan. Untuk proses transaksi kutukutubuku.com bekerjasama dengan 4 bank dan proses hanya dilakukan via antar barang.
  • Bookoopedia.com, merupakan web toko buku online kurang powerfull. Pada setiap halaman web ini banyak menyisakan ruang kosong untuk konten-kontennya. Sangat disayangkan sekali untuk suatu web toko online. Pemilihan background dan warna juga tidak sedap dipandang. Profil suatu buku juga tidak lengkap ditampilkan. Meskipun begitu, letak konten pada web bookoopedia tetap stabil di setiap halamannya. Bookoopedia hanya menggunakan 2 bank untuk melakukan transaksi.
  • Bukudiskon.com, merupakan web toko buku online yang cukup variatif. web ini menggunakan warna-warna yang cerah sehingga memungkinkan pelanggan untuk mencari atau melakukan pembelanjaan di web ini. Letak konten yang terdapat pada setiap halaman tidak stabil sehingga membingungkan pemakai. Untuk proses transaksi, web ini hanya menggunakan 2 bank. Profil buku yang ditampilkan lengkap sehingga dapat dijadikan referensi bagi pelanggan. Proses pendaftaran tidak menggunakan konfirmasi melaui email.

Daftar Pustaka
www.bukukita.com

www.bukabuku.com

www.kutukutubuku.com

www.bookoopedia.com

www.bukudiskon.com


Catatan Perbaikan:
tabel adalah mengambil dari sumber lain bukan hasil pekerjaan kamu, harus diketik ulang (jangan grafik) dan sebutkan sumbernya.

no tabel urut 1-n, tidak perlu 1.1 atau 2.1 dstnya
daftar pustaka ditulis dengan standard seharusnya dari Internet gunakan model NAMA PENULIS, TAHUN, JUDUL TULISAN, ALAMAT WEB, TANGGAL DIAKSES
Daftar pustaka minimum 7, diutamakan dari jurnal dan proseding.

    Subscribe to receive free email updates: