Satuan Pendidikan      : SMP …………
Mata Pelajaran            : Seni Budaya
Kelas/ Semester           : IX / II
Pelajaran Ke                : 2 (dua)
Alokasi Waktu            : 2 x 45 Menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kopetensi      : Historis musik Indonesia
Kompetensi Dasar       : Sejarah musik tradisi di Indinesia
Indikator
1.     
Priodesasi musik
2.     
Muncul musik di Indinesia
3.     
Berkaitan musik nasional
4.     
Produksi musik dan lagu
secara umum
Karakter
yang diwujudkan
1.     
Menumbuhkan kemampuan
2.     
Mampu bernyanyi
3.     
Berjiwa loyal
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan pokok pembelajaran Siswa
mampu dan dapat :
1.     
Mengenali sejarah
spespikasi musik
2.     
Mengelompokkan jenis musik
dan lagu
3.     
Menstandarisasikan musik
dan lagu
Materi
Pembelajaran
Catetan 
Ternyata musik
dan lagu mampu menetralisir kondisi labil menjadi kondusip.
Model
Pembelajaran
 Kegiatan Pembelajaran
| 
A 
B 
C | 
Kegiatan Awal | 
Karakter yang akan diwujudkan | 
Alokasi Waktu | 
| 
-         
  Pra pembelajaran 
Guru mengkondisikan kelas untuk
  pembelajaran (berdo’a memberikan salam dan memperhatikan kelas) 
-         
  Apersefsi (Pretes) 
Mengikatkan kembali materi yang
  telah lalu 
-         
  Motifasi 
Menginformasikan kompetensi yang
  akan dicapai 
Kegiatan Inti 
-         
  Eskplorasi 
Peserta didik mendata tahun sejarah
  musik 
-         
  Elaborasi 
Peserta didik membuat grafik
  perbandingan musik dan lagu kedepan 
-         
  Konfirmasi 
Peserta didik menyatakan musik
  tradisi Indonesia mampu dihadirkan di Internasional 
Kegiatan Akhir 
-         
  Peserta didik menganalisa sejarah musik Indonesia
  menurut priodesasi | 
-         
  Relegius 
-         
  Terampil 
-         
  Tanggung Jawab 
-         
  Cinta Ilmu | 
Media Pembelajaran
1.     
Papan Tulis
2.     
Spidol
3.     
Buku paket
Medan,       Januari 2013
Mengetahui,                                                                                        Guru
Bidang Study
Ka. SMP …………….
…………………….                                                                           …………………