Peran Teknologi dalam Perkembangan Pendidikan di Indonesia
Salah satu komponen pendidikan yang perlu dikembangkan adalah kurikulum yang berbasis pendidikan teknologi di jenjang pendidikan dasar. Kemampuan-kemampuan seperti memecahkan masalah, berpikir secara alternatif, dan menilai sendiri hasil karyanya dapat dibelajarkan melalui pendidikan teknonologi. Untuk itu, pembelajaran pendidikan teknologi perlu didasarkan pada empat pilar proses pembelajaran, yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.
Peran Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran di Era Teknologi Komunikasi dan Informasi
Klasifikasi media pembelajaran sebagai berikut:
1. Media yang tidak diproyeksikan (non projected media), jenis media: Realita, model, bahan grafis (graphical material), display.
2. Media yang diproyeksikan (projected media), jenis media: OHT, slide, opaque.
3. Media audio (Audio), jenis media: Audio kaset, audio vision, active audio vision.
4. Media video (video), jenis media: video.
5. Media berbasis komputer (computer based media), jenis media: Computer Assisted Instruction (CIA), Computer Managed Instruction (CMI).
6. Multimedia Kit, jenis media: perangkat praktikum.