BAB III
PERANCANGAN
3.1 Perancangan Sistem Informasi
3.1.1 Diagram Prosedur dan Penjelasannya
Dalam suatu sistem perusahaan didalam mengelola dan menjalankan usahanya melakukan berbagai prosedur pada sistem informasi ini, prosedur-prosedur yang akan dikomputerisasi adalah prosedur-prosedur ( Event List ) sebagai berikut :
1. Direktur pendidikan menentukan, satu minggu ( one week Course ) diselenggarakan maka direktur pendidikan merencanakan paket-paket pendidikan yang akan diselenggarakan kemudian dipergunakan oleh bagian administrasi sebagai patokan dalam menerima peserta.
2. Calon peserta mendaftar menjadi peserta kursus
Calon peserta mengisi formulir pendaftaran.
3. Petugas administrasi membuatkan kwitansi.
Kwitansi tersebut dipergunakan sebagai bukti pembayaran dan pendaftaran.
4. Petugas administrasi membuat daftar peserta kursus ( Absensi ).
Absensi atau daftar peserta kursus dibuat untuk memperlancar proses pendidikan.
5. Instruktur membuat daftar nilai.
Setelah selesai mengajar suatu paket pendidikan, maka instruktur memberikan penilaian pendidikan terhadap peserta kursus, disesuaikan dengan hasil ujian dan selama mengikuti paket pendidikan.
6. Petugas administrasi membuat daftar peserta kursus per-angkatan
Daftar ini memberikan informasi seluruh peserta kursus dengan pengelompokan berdasarkan paket dan waktu yang diikuti.
7. Petugas administrasi membuat daftar instruktur.
Berisi informasi tentang instruktur.
8. Petugas administrasi membuat jadwal instruktur ( Absensi Instruktur )
Absensi instruktur ini berisi informasi paket-paket pendidikan yang diselenggarakan pada periode-periode tersebut lengkap dengan instrukturnya.
9. Petugas administrasi membuat daftar mata kursus.
Daftar ini memberikan informasi paket-paket pendidikan yang diselenggarakan oleh perusahaan.
10. Petugas administrasi membuat tabel peserta per-paket.
3.1.2 Diagram Arus Data
DFD ( Data Flow Diagram ) adalah gambaran aliran informasi yang terlibat dalam suatu prosedur ( event ), DFD terdiri dari DFD per-event dan DFD Lavelled, yaitu DFD Level 1 dan DFD level 0. DFD event dan DFD Lavelled digambarkan sebagai berikut :
1. Direktur pendidikan menentukan paket pendidikan yang ditawarkan.
Gambar 3.1. Paket Pendidikan
2. Calon Peserta Mendaftar menjadi peserta Kursus.
Gambar 3.2 Pendaftran Peserta Kursus
3. Petugas administrasi membuatkan kwitansi.
Gambar 3.3. Daftar Kwitansi.
4. Petugas administrasi membuat daftar peserta kursus (absensi)
Gambar 3.4 Absensi Peserta Kursus
5. Instruktur membuat daftar nilai.
Gambar 3.5 Daftar Nilai Peserta Kursus.
6. Petugas administrasi membuat daftar peserta per-angkatan.
Ganbar 3.6 Daftar Peserta Per-angkatan
7. Peserta administrasi membuat daftar instruktur.
Gambar 3.7 Daftar Instruktur.
8. Petugas administrasi membuat jadwal instruktur ( absensi ) instruktur
Gambar 3.8 Absensi Instruktur.
9. Petugas administrasi membuat daftar mata kursus
Gambar 3.9 Daftar Paket yang ditawarkan
10. Petugas administrasi membuat tabel peserta per paket
Gambar 3.10. Tabel peserta Per-paket.
DFD Level 0
Gambar 3.11 DFD Level 0
DFD Level 1
DFD Level 1 Sistem Informasi Peserta Kursus.
Gambar 3.12. DFD Level 1 Sistem Informasi Peserta Kursus
DFD Level 1 Sistem Informasi Setup
Gambar 3.13. DFD Level 1 Sistem Informasi Setup
DFD Level 1 Sistem Informasi Sertifikat
Gambar 3.14. DFD Level 1 Sistem Informasi Sertifikat
DFD Level 2
DFD Level 2 Pendaftaran Calon Peserta Kursus.
Gambar 3.15. DFD Level 2 Sistem Informasi Pendaftaran
DFD Level 2 Absensi
Gambar 3.16. DFD Level 2 Sistem Informasi Absensi
DFD Level 2 Setup Paket Kursus
Gambar 3. 17. DFD Level 2 Setup Paket Kursus
DFD Level 2 Sertifikat
Gambar 3. 18. DFD Level 2 Sertifikat
3.2 Konsep dan Perancangan Basis Data
3.2.1 Konsep Perancangan Basis Data
Perancangan database merupakan suatu hal yang penting, kesulitan utama dalam merancang database adalah bagaimana merancang sehingga database tersebut bisa dipergunakan untuk masa jangka panjang, bukan hanya pada saat sekarang ini.
Pada model perancangan konseptual juga diperlukan disamping perancangan phisik, pada perancangan model konseptual ditujukan pada perancangan pada struktur data dan relasi antar file, pendekatan yang dilakukan pada perancangan model konseptual adalah menggunakan model data relasional teknik perancangan model konseptual dapat dilakukan dengan 2 teknik, yaitu teknik normalisasi dan teknik entity relationship.
3.2.2 Perancangan Basis Data
Teknik yang dipergunakan dalam perancangan konseptual untuk Sistem Informasi ini adalah entity relationship.
3.2.2.1 Diagram Konteks
Gambar 3. 19. Diagram Konteks
3.2.2.2 ERD ( Entity Relationship Diagram )
Diagram ini dipergunakan untuk menggambarkan hubungan antara file-file yang dipergunakan dalam sistem ini. Adapun diagramnya adalah sebagai berikut :
Gambar 3. 20 ERD Administrasi
3.2.2.3 Model Relational dan Deskripsi Attribute
Dari ERD Sistem Informasi peserta kursus yang telah dibuat maka kita dapat menyusun model relational dari ERD diatas.
¨ Peserta (# sNo, sNama, sAlamat, sTelp, sTgl_lahir, Lulusan).
¨ Daftar (# dNo, pNo, Sertifikat, Nilai, Lunas, Kwitansi)
¨ Paket (# Pno, Ppaket, pBiaya)
¨ Kelas ( # kNo, Angkatan, pNO, Waktu, Ino, Tgl Mulai)
¨ Instruktur ( # Ino, Inama, Ialamat, Itelp, Itgl_msk, Keterangan)
Untuk lebih jelasnya mengenai defenisi attribut untuk model relasi diatas adalah sebagai berikut :
No
|
Nama Attribut
|
Domain
|
Constarin & Keterangan
|
1
|
SNO
|
Character (6)
|
Primary key ( Peserta.dbf)
|
2
|
Snama
|
Caharacter (30)
|
.not.null.
|
3
|
Salamat
|
Character (30)
|
.Not.null
|
4
|
Stelp
|
Character (30)
| |
5
|
STgl_Lahir
|
Date
| |
6
|
Lulusan
|
Character (2)
| |
7
|
PNO
|
Character (6)
|
Primary key ( Paket.dbf )
|
8
|
Ppaket
|
Character (15)
|
.not.null.
|
9
|
Pbiaya
|
Numeric (8)
|
.not.null.
|
10
|
KNO
|
Character (8)
|
Primary key (kelas.dbf)
|
11
|
Angkatan
|
Character (3)
| |
12
|
Waktu
|
Character (1)
|
Isi pagi,siang,sore,malam
|
13
|
Tgl_mulai
|
Date
| |
14
|
Ino
|
Character (3)
|
Primary Key
|
15
|
Inama
|
Character (30)
|
.not.null
|
16
|
Ialamat
|
Character (30)
|
.not.null
|
17
|
Itelp
|
Character (12)
| |
18
|
Itgl_lahir
|
Date
| |
19
|
Itgl_msk
|
Date
| |
20
|
Keterangan
|
Memo (4)
| |
21
|
Dno
|
Character (8)
|
Primary key ( daftar.dbf)
|
22
|
Sertifikat
|
Character (2)
|
Berisi no.sertifikat
|
23
|
Nilai
|
Character (1)
|
Isi = A,B,C,D,E
|
24
|
Lunas
|
Numeric (8)
|
Jumlah biaya yang dilunasi
|
25
|
Kwitansi
|
Character (5)
|
No. Kwitansi
|
3.3 Rancangan Input / Output.
Rancangan tampilan Form-form prosedur ( event ) yang dikomputerisasi, disajikan sebagai berikut :
3.3.1 Direktur pendidikan menentukan paket pendidikan yang ditawarkan.
Gambar 3. 21. Rancangan form untuk Paket Pendidikan
3.3.2 Calon Peserta mendaftar menjadi peserta kursus
Gambar 3. 22 Rancangan form untuk Pendaftaran
3.3.3 Petugas administrasi membuatkan Kwitansi
Gambar 3. 23 Rancangan form Kwitansi
3.3.4 Petugas Administrasi membuat daftar peserta kursus ( Absensi )
Gambar 3. 24 Rancangan form untuk Absensi Peserta kursus
3.3.5 Instruktur membuat daftar Nilai.
Gambar 3. 25 Rancangan form Daftar Nilai
3.3.6 Petugas Administrasi membuat daftar peserta kursus Per-Angkatan
Gambar 3. 26 Rancangan form Peserta kursus Per-angkatan
3.3.7 Petugas Administrasi membuat daftar Instruktur.
Gambar 3. 27 Rancangan form Daftar Instruktur
3.3.8 Petugas Administrasi membuat Jadwal Instruktur.
Gambar 3. 28 Rancangan form untuk Jadwal Instruktur
3.3.9 Petugas Administrasi Membuat Daftar Mata Kursus
Gambar 3. 29 Rancangan form untuk Daftar Paket
3.3.10 Petugas Administrasi membuat tabel peserta per-Paket
Gambar 3. 30 Rancangan form Tabel peserta per-paket
3.3.11 Petugas Administrasi membuat Sertifikat sebagai tanda tamat belajar.
Gambar 3. 31 Rancangan Report untuk Sertifikat