MAKALAH PROSES ADMINISTRASI USAHA


LATAR BELAKANG USAHA
Dengan usaha yang ada sekarang ini sudah terbilang banyak dan beranekah ragam usaha yang berkembang, jumlah penduduk yang terus bertambah, perekonomian yang semakin sulit dan lapangan kerja yang peluangnya semakin sedikit, membuat penduduk semakin banyak penggangguran. Buat saya masalah yang cenderung sekarang ini tidak jadi persoalan selama ada kemauan dari kita memamfaatkan kemampuan dari skiel yang ada pada kita bisa mengurangi permasalahan permerintah soal penggangguran dan masalah krisis ekonomi sekarang ini menyalurkan bakat dengan membuka usaha seperti berdagang menjual barang lansung kepada konsumen, apalagi untuk sekarang jumlah penduduk dengan terus bertambah peradapan manusia semakin berkembang dan kemajuan teknologi yang sangat cangkih, maka selera masyarakiat akan makanan semakin tinggi. Masyarakiat yang sibuk bekerja lebih memilih untuk membeli makanan extra saji yang cepat dan praktis daripada membuatnya sendiri, denga demikian didasari dengan begitu saya meminati untuk membuat roti secara kecil-kecilan.
PROSES ADMINISTRASI USAHA
Suatu kegiatan usaha akan berjalan lancar, jika dalam pengaturan adminnistrasi usaha dapat tertata dengan baik.
Adapun kegiatan pengaturan administrasi usaha yaitu :
1. Membuat catatan usaha
2. Membuat catatan mesin-mesin produksi dan peralatan usaha
3. Membuat catatan keuangan usaha
4. Membuat catatan hasil produksi
5. Membuat catatan konsep pemasaran dan volume penjualan para konsumen yang sudah menjadi langganan, patner usaha
6. Membuat catatan surat menyurat penjualan
Kegiatan administrasi kantor merupakan fungsi dalam usaha yang bertangguang jawab dalam pelaksanaan operasi pekerjaan untuk dapat memaksimalkan pekerjaan yang bersifat ketatausahaan ini, setiap orang yang bertanggung jawab dalam pekerjaan administrasi usaha.
UPAYA PENGEMBANGAN DAN KETAHANAN USAHA
Dalam rangka meningkatkan pendapatan pada saat krisis ekonomi yang berkepanjangan seperti saat ini. Diperlukan usaha-usaha yang bersifat agresif, kreatif, penuh perhitungan dan berorientasi pasar. Usaha diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja potensial yang saat ini jumlahnya sangat melimpah baik itu angkatan kerja baru maupun angkatan kerja. Kondisi perekonomian makro yang memaksa harus menganggur akibat tidak adanya kesempatan bekerja atau terkena PHK.
Tujuan dari pengembangan usaha itu sendiri ada 2 (dua) yaitu : dari aspek ekonomi dan dari aspek sosial. Aspek ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan adapun aspek sosial adalah untuk membantu masyarakiat dalam mengatasi pengangguran.
Dari pengamatan data usaha, diantaranya untuk ketahanan usaha yaitu :
- usaha harus mempunyai kelebihan
- Meningkatkan kualitas usaha
- Meningkatkan pemerataan pendapatan
- Memamfaatkan sumber daya yang ada
- Meningkatkan kesejahteraan anggota kerja
- Mendorong pembuatan produk yang inovatif
- Meningkatkan kegiatan usaha.
CARA PEMBUATAN ROTI COKLAT
Tahap awal, kita harus memanaskan open pembakaran terlebih dahulu, lalu kita ambil tepung roti dan timbang berapa banyak, setelah itu tepung roti diletakkan ditempat adonan, masukkan Vanili pengembang telur dengan takaran beebrapa butir sesuai dengan banyaknya tepung roti, mentega secukupnya, gula dengan takaran sesuai dengan tepung roti lalu, dikocok atau di kacu dengan mekser atau mesin pengocok selama 15 menit, jangan sampai berhenti adaonan berhenti di kacu, kalau sudah ter;ihat sudah mengembang adonan diberhentikan, ambil tempat cetakan roti yang sudah kita persiapkan sebelum dituang ke percetakan masukkan mocca secukupnya keadonan dan sebelum adonan dimasukkan kedalam cetakan maka cetakan dilumuri dengan mentega agar tidak lengket, setelah dilumuri dengan metega maka adonan yang sudah dikaco diletakkan kedalam cetakan, lalu masukkan cetakan tadi kedalam open pembakaran hingga 30 menit.
Selama menunggu roti masak, kita siapkan coklat batang untuk di masak, tuangkan coklat batang kedalam panci, timbang gula sebanyak 1 kilo aduk coklat dengan gula lalu beri air secukupnya, aduk-aduk hingga mengental kalau sudah mengental lalu angkat dan dinginkan. Kemudian angkat roti yang kita masak di open pembakaran tadi setelah diangkat maka tengah roti tersebut dibelah dan kemudian masukkan coklat yang sudah didinginkan tadi kedalam roti tersebut, kemudian roti tersebut masukkan kedalam plastik yang sudah di cetak nama roti tersebut. Roti siap dipasarkan.
CARA MEMBUAT ROTI KELAPA JAGUNG
Tepung roti, pengembang, telur diaduk lalu masukkan mentega, gula, diaduk sampai betul-betul tercampur semua, lalu dimasukkan ke dalam cetakan kemudian masukkan cetakan tadi kedalam open pembakaran, sehingga 30 menit, setelah masak maka roti tersebut angkat dan dinginkan, setelah dingin lalu tengah roti dibelah kemudian masukkan kelapa yang sudah diparut secukupnya kedalam isi roti, begitu juga jagung, yang sebelumnya jagung sudah direbus dan sudah diparut. Bakar sampai betul-betul masak, Angkat lalu dinginkan.
ALASAN MENEKUNI USAHA TERSEBUT
Dalam suatu bidang usaha yang saya buat ini sangta berdampak positif dan sangat prospek buat saya usaha ini menjanjikan sebab disini saya cukup mengeluarkan biaya yang tidak begitu banyak, suatu produk yang jenis makanan yang saya buat ini cukup praktis dan digemari semua kalangan masyarakat. Roti bagi saya dibilang sudah umum, akan tetapi suatu roti itu enak dan lezatnya hanya penikmat atau konsumen yang merasakannya.
Menekuni dibidang pembuatan roti sangat menjanjikan dan usaha kita bisa berkembang di karenakan inilah produk makanan yang bisa kita bilang banyak konsumen menjadikan roti sebagai pengganti nasi atau penahan rasa lapar untuk semantara, prosuksi roti yang saya tekuni ini nantinya cukup beraneka ragam, rasa dan bentuknya.
Ber usaha roti bisa untuk awal kita sebut home industri (usaha industri rumah). Bila hasil dari produksi roti kita meningkat pesat karena bisa juga kita membuka pencetakan roti, atau pabrik roti yang hasil produksi rotinya yang lebih banyak dan besar.
RENCANA USAHA
Suatu usaha dapat berjalan dengan baik tergantung kita yang menjalankannya dan komunikasi kita kepada konsumen maupun pesentasi pasar yang bisa kita lihat naik dan turunnya permintaan produksi kita, banyak usaha yang bisa dijalankan oleh masyarakat akan tetapi, banyak terbentur dengan modal, usaha pembuatan roti yang saya jalankan ini bisa dijangkau masyarakat dengan modal awal yang tidak begitu besar dan produksi yang pasti berjalan dengan lancar, usaha roti bisa dijalankan dengan baik apabila kita yakin.
Membuat roti yang beraneka ragam, menjual roti yang terjangkau buat masyarakat dengan rasa yang enak dan tidak mengurangi cita rasanya
PROSES PRODUKSI
Bahan-bahan yang diperlukan dapat dibeli dipasar mengetahui bahan-bahannya dan apa saja yang mau kita beli, disini kita harus membeli barang ke pasar yaitu sebagai berikut :
N0
Nama Bahan
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Seluruhnya
1
Tepung roti 10 Kg
Rp. 6.000,-
Rp 60.000,-
2
Vanili 30 bks
Rp. 200,-
Rp. 6.000,-
3
Telur 40 btr
Rp. 800,-
Rp. 32.000,-
4
Pengembang roti 3 btl
Rp. 2.500,-
Rp. 7.500,-
5
Mentega 5 Kg
Rp. 5.000,-
Rp. 25.000,-
6
Gula 10 Kg
Rp. 8.000,-
Rp. 80.000,-
7
Coklat 5 Btg
Rp. 5.000,-
Rp. 25.000,-
8
Kelapa 4 buah
Rp. 3.000,-
Rp. 12.000,-
9
Jagung 2 Kg
Rp. 2.000,-
Rp. 4.000,-
Jumlah Total
Rp. 251.500,-
PEMASARAN
- Grosir
- Kedai Kecil
- Muda-mudi
- Anak Sekolah
- Karyawan / Karyawati pulang kerja
- Warga Sekitar
PELAYANAN KEPADA PELANGGAN
Didalam menjalankan suatu bidang usaha yang paling penting memang pelayanan yang kita berikan kepada pelanggan dan konsumen yang datang kepada kita. Memberikan pelayanan prima bisa menjadi nilai tambah agar konsumen atau pelanggan mendapat sevice yang baik.
- Memberi senyuman kepada pelanggan atau konsumen
- Mempersilahkan duduk ditempat yang sudah di sediakan
- Memberikan menu sambil bertanya apa pesanannya
- Bisa bersifat sabar dalam melayani setiap pelanggan
LAPORAN RUGI DAN LABA
No
Pengeluaran
Biaya
Debet
Kredit
1
Total Penjualan
Rp. 3.150.000,-
Bahan Baku Rp. 251.500,-
Laba Kotor
Rp. 2.898.500,-
2
Total Pengeluaran
Packing Rp. 30.000,-
Transportasi Rp. 70.000
Tenaga Kerja Rp. 140.000 +
Total Biaya
Rp. 240.000,-
3
Profit Laba
Rp. 2.658.500,-
Perentasi profit laba =
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan hidayah-Nya saya dapat menyusun proposal ini, dimana proposal ini bertujuan untuk memenuhi syarat mengikuti ujian akhir. Dan tentunya dalam penulisan proposal ini masih ada yang kurang sesuai dengan apa yang diharapkan. Dan saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membagun untuk memperbaiki tugas proposal dihari-hari kemudian.
Susunan ini saya susun berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan di lapangan dan mungkin proposal ini belum sesempurna mungkin. Tanpa bantuan dari berbagai pihak proposal ini tidak mungkin ada. Oleh karena itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala bantuan yang diberikan terutama Bapak/Ibu yang mengajar mata pelajaran ini.
Akhirnya peyusun berharap semoga proposal ini dapat bermamfaat bagi kalangan siswa terutama bagi siswa/i secara umum dan sesuai dengan apa yang di harapkan oleh Bapak/Ibu yang mengajar mata pelajaran ini.
Hormat saya,
Penulis
PENUTUP
Dalam melakukan usaha dituntut serius dan fokus kita tidak bisa memulai usaha dengan setengah-setengah dan dikerjakan, meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan. Kegagalan usaha sebenarnya bukan disebabkan orang lain, tetapi berasal dari diri kita. Dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya adalah suatu keharusan. Perhitungan-perhitungan yang matang selayaknya dilakukan di awal mulai usaha karena sekali kita salah dalam perhitungan awal, yang terjadi adalah efek berantai dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan, sementara modal lama kelamaan tersedot habis.
Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika kita ingin memulai usaha, belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilah mana yang pas dan mana yang kurang. Dengan demikian, kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.