Usaha Standarisasi Software Agent

Usaha Standarisasi Software Agent 
Seperti sudah kita bahas dalam bagian pendahuluan, bahwa kosa kata agent digunakan secara luas dalam berbagai bidang, dan juga diaplikasikan menurut pengertian dan interpretasi masing-masing peneliti. Bagaimanapun juga dalam era globalisasi baik dalam lingkup riset atau penelitian, maupun ditinjau dari segi aplikasi teknologi agent, diperlukan suatu persamaan visi dan interpretasi khususnya pada saat sudah mencapai ke tahap implementasi. 

Suatu contoh yang mudah, ketika banyak sekali orang ataupun vendor mengembangkan aplikasi software agent, bagaimanapun juga suatu saat akan ada masa dimana agent suatu vendor harus melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan software agent dari vendor lain. Masalah timbul karena bahasa untuk berkomunikasi berlainan, misalnya satu vendor menggunakan KQML, sedangkan vendor lain mengembangkan sendiri bahasa komunikasi untuk software agentnya. Kasus-kasus seperti inilah yang membuat bagaimanapun juga sudah saatnya dipikirkan usaha untuk melakukan standarisasi terhadap software agent, baik secara fisik maupun secara teori. 

Pada bagian ini kami akan memperkenalkan beberapa organisasi yang melakukan usaha standarisasi, antara lain organsiasi yang terbesar adalah Foundation for Intelligent Physical Agent (FIPA), kemudian Object Management Group (OMG), US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), dan AgentLink.


Foundation for Intelligent Physical Agent (FIPA)
FIPA adalah organisasi non-profit yang didirikan tahun 1996, dan didaftarkan di Geneva, Switzerland. Tujuan utama FIPA adalah untuk mempromosikan dan memberikan dukungan terhadap kemajuan aplikasi-aplikasi yang berbasis agent [Suguri, 1999]. Tujuan ini direalisasikan dengan memproduksi spesifikasi yang diterima secara internasional, terutama mengenai masalah interoperabilitas antar agent. Anggota dari FIPA sampai saat ini adalah 50 institusi dari sekitar 14 negara, baik berupa perusahaan, universitas, ataupun organisasi. Didalam FIPA setiap anggota, terutama yang tergabung dalam Technical Committee (TC) melakukan kolaborasi dan kesepakatan secara internasional untuk memproduksi spesifikasi. 


Sampai saat ini FIPA sudah memproduksi tiga periode spesifikasi, yaitu FIPA97, FIPA98 dan FIPA2000. Secara lengkap spesifikasi yang diproduksi oleh FIPA bisa didownload dari URL: www.fipa.org

Object Management Group (OMG)
OMG merekomendasikan standardisasi untuk teknologi agent, terutama yang berhubungan dengan Object Management Architecture (OMA) dari OMG. Pembahasan secara lengkap adalah bisa dipelajari dari URL dibawah: 


US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)
DARPA mempunyai agenda riset dan standardisasi mengenai teknologi agent. Didalamnya termasuk beberapa masalah dibawah:
· Control of Agent-based System
· Advanced Logistics Project
· DARPA Agent Markup Language


AgentLink
Adalah organisasi yang didirikan di Eropa, sebagai organisasi yang mengkoordinir riset dan pengembangan sistem komputerisasi yang berbasis agent. AgentLink mempunyai tujuan utama memberikan dukungan terhadap peningkatan kualitas dari software agent, dan kerjasama antar industri yang bergerak dalam software agent maupun agent sistem khususnya di bagian wilayah Eropa.


Aktifitas utama AgentLink saat ini adalah bergerak dalam empat area dibawah:
· Industrial action
· Research coordination
· Teaching and Training
· Infrastructure and management

Subscribe to receive free email updates: