Prinsip Pemrograman Visual
1.   Merancang antarmuka secara visual.
2.   Menuliskan kode untuk melakukan tindakan tertentu.
3.   Mengompilasi kode Pascal dan form ke dalam bentuk berkas yang dapat dieksekusi. 
Pengenal (Identifier)
Pengenal adalah nama yang digunakan dalam program untuk menyatakan konstanta, variable, unit, fungsi, prosedur, dan lain-lain. Aturan yang berlaku untuk pengenal adalah sebagai berikut :
-          Diawali dengan huruf atau garis bawah ( _ )
-          Karakter berikutnya dapat berupa huruf, angka atau garis bawah
-          Panjang pengenal pada dasarnya bebas, tetapi hanya 255 karakter pertama yang berarti
Keterangan :
1.  Object Inspector       
Object Inspector adalah sarana pengaturan objek yang kita pasangkan pada form, atau form itu sendiri. Dua hal penting yang bisa kita setel pada komponen adalah Properti dan Event. Properti adalah yang terkait dengan sifat komponen seperti ukuran, warna dan sebagainya. Sedangkan event adalah kejadian atau peristiwa yang kita inginkan terpasang pada komponen tersebut kaitannya dengan proses pemakaian. Contoh event misalnya klik, klik ganda, drag (geser), drop dan sebagainya.
2.  Code Editor
Code Editor adalah Tempat untuk membuat kode-kode program. Untuk menuliskan kode yang kita pasangkan pada suatu komponen, klik ganda komponen tersebut. Code editor akan otomatis aktif dan menempatkan kursor di lokasi penulisan kode.
3.  Code Explorer  
Code Explorer adalah sarana untuk memudahkan navigasi di dalam file unit.
4.  Form
Form adalah tempat untuk meletakkan object-object.
5.  Toolbar   
Kumpulan dari icon-icon speedbutton.
| Nama | Fungsi | 
| 1. Open Project | Untuk membuka   sebuah project | 
| 2. Save Project | Untuk menyimpan   sebuah project | 
| 3. Add File to   Project | Untuk menambah   File ke Project | 
| 4. Open File | Untuk membuka   sebuah File | 
| 5. Save Project | Untuk menyimpan   sebuah File | 
| 6.Remove File from     Project | Untuk membuang   file dari Project | 
| 7. Select unit   from List | Untuk memilih form   dari daftar | 
| 8. Toggle   form/unit | Untuk memilih form   atau unit | 
| 9. Select form from   list | Untuk memilih form   dari daftar | 
| 10. New Form | Untuk membuka form   baru | 
| 11. Run | Untuk menjalankan   proyek | 
| 12. Pause | Untuk menghentikan project yang sedang berjalan | 
| 13. Trace into | Untuk melacak kedalam sub program | 
| 14. Step Over | Untuk meloncati suatu sub program | 
6.  Component Palette
Kumpulan dari  object-object untuk digunakan dalam melakukan desain form sesuai dengan kategorinya. 
| Nama Palette | Fungsi | 
| 1. Standard | Menyediakan komponen-komponen yang paling sering digunakan   seperti menu, label, memo, dan seterusnya. | 
| 2. Win95 | Menyediakan   komponen-komponen yang lazim digunakan pada aplikasi Windows 95 seperti   status bar, tombol Up Down, Tree View dan sebagainya. | 
| 3. Additional | Menyediakan komponen-komponen tambahan yang dibutuhkan pada   penyusunan aplikasi tingkat lanjut seperti BitBtn, Speedbutton, Image, Shape,   dll. | 
| 4. Data Access | Menyediakan komponen-komponen untuk pengaksesan data pada   suatu aplikasi database yang kita susun seperti datasource, table, query,   dll. | 
| 5. Data Controls | Menyediakan komponen-komponen untuk penyusunan pengontrolan   data pada suatu aplikasi database yang kita susun seperti DBGrid,   DBNavigator, DbText, dll. | 
| 6. Win3.1 | Menyediakan komponen-komponen yang lazim digunakan pada   aplikasi Windows 3.1 seperti TabControl, Page Control, dll. | 
| 7. Internet | Menyediakan komponen-komponen untuk penyusunan aplikasi   yang beroperasi pada Web, khususnya internet seperti ClientSocket,   ServerSocket, dll.  | 
| 8. Dialogs | Menyediakan komponen-komponen untuk penyusunan kotak dialog   seperti kotak dialog save, kotak dialog print, kotak dialog color dan   seterusnya. | 
| 9. System | Menyediakan komponen-komponen yang terkait dengan sistem,   misalnya Timer, File List Box, Drive List Box, Filter dan lain-lain. | 
| 10. Qreport | Menyediakan komponen-komponen untuk pembuatan sebuah report   seperti QuickRep, QRBand, dll.  | 
| 11. ActiveX | Menyediakan komponen-komponen untuk penyusunan aplikasi   yang mampu berkomunikasi secara aktif melalui suatu jaringan luas seperti   internet seperti ChartFX, VCSpeller, dll. | 
