BAB II(4), Makalah Administrasi Perkantoran

Sebelum melanjutkan makalah Administrasi Perkantoran ini, alangkah baiknya anda cek dulu makalah atau postingan sebelumnya yang berhubungan dengan postingan ini.

Baca Juga Sambungan dari Makalah ini
  1. BAB I, MAKALAH UNTUK ADMINISTRASI PERKANTORAN
  2. BAB II(1), MAKALAH ADMINISTRASI PERKANTORAN
  3. BAB II(2), Makalah Administrasi Perkantoran
  4. BAB II(3), Makalah Administrasi Perkantoran
2.5. Pengertian dan Elemen Biaya Operasional

1. Pengertian Biaya Operasional
Biaya dapat diartikan sebagai harga perolehan, harga pokok dan dapat pula diartikan sebagai semua pengorbanan mulai dari bahan baku sampai barang tersebut dijual. Pengertian cost ini akan kabur lagi apabila dibandingkan dengan expenses (beban), dimana kedua istilah ini sering digunakan secara rancu.
Menurut Nafarin (2004 : 105) “Beban usaha (operating expenses), adalah beban kegiatan pokok perusahaan yang tidak terjadi di pabrik, selain harga pokok penjualan (cost of sales)”.
Sedangkan menurut Mulyadi (2003 : 14): “Biaya operasi merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi siap untuk dijual”.
Dari pengertian di atas maka dapat dikemukakan bahwa unsur-unsur yang terdapat dalam biaya adalah :
  1. Biaya merupakan pengorbanan ekonomis.
  2. Dapat diukur dalam satuan unit moneter.
  3. Sifatnya yang telah terjadi maupun yang potensial akan terjadi.
Istilah biaya operasi sering pula disebut dengan biaya komersil, kadang-kadang disebut dengan biaya usaha. Secara garis besar biaya komersil dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. Biaya Pemasaran (Distribusi dan Penjualan), biaya ini meliputi biaya penjualan dan biaya pengiriman.
  2. Biaya Administrasi (Umum dan Administrasi), meliputi biaya yang di keluarkan dalam mengatur dan mengendalikan organisasi.
2. Elemen-elemen Biaya Operasional
Pada bagian sebelumnya telah dikemukan bahwa biaya operasi tersebut dapat digolongkan ke dalam dua golongan besar, yaitu biaya administrasi. Selanjutnya akan dikemukakan beberapa jenis biaya yang termasuk dalam biaya operasi tersebut.

a. Biaya Penjualan meliputi :
1) Biaya gaji bagian penjualan
2) Biaya pemeliharaan peralatan bagian penjualan
3) Biaya penyusutan peralatan bagian penjualan
4) Biaya listrik bagian penjualan
5) Biaya penyusutan gedung bagian penjualan
6) Biaya telepon dan telegraf
7) Biaya asuransi
8) Biaya pajak
9) Biaya iklan

b. Biaya Umum dan Administrasi meliputi :
1) Gaji administrasi dan kantor
2) Biaya pemliharaan kantor
3) Biaya penyusutan kantor
4) Biaya telepon dan telegraf
5) Biaya pajak bumi dan bangunan
6) Biaya administrasi rupa-rupa
7) Piutang yang tak tertagih.

2.6. Peranan Anggaran Sebagai Alat Perencanaan dan Pengawasan Biaya. Klik Disini

Subscribe to receive free email updates: