CONTOH RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengatur ketentuan zakat
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan macam-macam Zakat
III. Indikator
Menjelaskan Zakat dan macam-macamnya
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan dapat memahami makna zakat dan mengetahui macam-macam zakat
V. Materi Pokok
Zakat
VI. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru membuat tanya jawab kepada siswa
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan makna zakat
- Guru menjelaskan macam-macam zakat
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dapat membuat kesimpulan
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
- Al-Qur’an
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengetahui ketentuan zakat
II. Kompetensi Dasar
Pengertian dan hukum zakat harta
III. Indikator
Menjelaskan pengertian zakat dan hukum zakat harta
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan dapat memahami makna zakat dan hukum zakat harta
V. Materi Pokok
Zakat
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru membuat tanya jawab kepada siswa
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan makna zakat
- Guru menjelaskan hukum zakat
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dapat memahami pelajaran
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
- Al-Qur’an
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengetahui ketentuan zakat
II. Kompetensi Dasar
Ketentuan zakat harta
III. Indikator
Menjelaskan ketentuan zakat harta
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami ketentuan zakat harta
V. Materi Pokok
Zakat
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru tanya jawab kepada siswa
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan ketentuan zakat harta
C. Kegiatan Akhir
- Siswa memahami ketentuan zakat harta
- Guru bertanya kepada siswa tentang ketentuan zakat harta
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
- Al-Qur’an
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengetahui ketentuan zakat
II. Kompetensi Dasar
Jenis-Jenis zakat Harta
III. Indikator
Menjelaskan jenis-jenis zakat harta
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis zakat harta
V. Materi Pokok
Zakat
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran sebelumnya
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan jenis-jenis harta yang wajib di zakati
C. Kegiatan Akhir
- Siswa melakukan tanya jawab
- Siswa dapat membuat kesimpulan
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
- Al-Qur’an
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengetahui ketentuan zakat
II. Kompetensi Dasar
Penjelasan Nisab dan Zakat
III. Indikator
Penjelasan Nisab dan Zakat
IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa memahami makna nisab
- Siswa memahami nisab setiap harta yang bisa di zakati
V. Materi Pokok
Zakat
VI. Metode Pembelajaran
a. Tanya Jawab
b. Ceramah
c. Berhitung
d. Diskusi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru membuka pelajaran dengan tanya jawab kepada siswa
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan nisab setiap harta yang boleh di zakati
- Guru menjelaskan bagaimana pembagian harta untuk zakat
C. Kegiatan Akhir
- Guru memberikan tugas kepada siswa tentang nisab harta yang wajib di zakati
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
- Buku Berhitung
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengetahui ketentuan zakat
II. Kompetensi Dasar
- Manfaat zakat harta
- Mempraktikkan tata cara mengeluarkan zakat harta
III. Indikator
- Menjelaskan manfaat zakat harta
- Mempraktekkan tata cara mengeluarkan zakat harta
IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami manfaat zakat harta
- Siswa dapat mempraktekkan tata cara mengeluarkan zakat harta
V. Materi Pokok
Zakat
VI. Metode Pembelajaran
a. Tanya Jawab
b. Ceramah
c. Diskusi
d. Demokrasi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru membuka pelajaran dengan pertanyaan
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan manfaat zakat harta
- Guru mempraktekkan tata cara mengeluarkan zakat
C. Kegiatan Akhir
- Guru memberikan pertanyaan tentang tata cara mengeluarkan zakat harta
- Tanya Jawab tentang menfaat zakat harta
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengetahui ketentuan zakat
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian zakat fitrah
III. Indikator
- Menjelaskan pengertian zakat fitrah
- Menjelaskan syarat-syarat wajib zakat fitrah
- Menjelaskan dasar hukum zakat Fitrah
- Menjelaskan zakat Fitrah
- Menjelaskan zakat Fitrah
- Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat fitrah
- Menjelaskan penerima zakat fitriah
IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami pengertian, syarat, dasar hukum, waktu mengeluarkan zakat dan penerima zakat
V. Materi Pokok
Zakat
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Guru mengadakan tanya jawab kepada siswa
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan pengertian dan hukum zakat fitrah
- Guru menjelaskan syarat-syarat wajib zakat fitrah
- Guru menjelaskan dasar hukum zakat fitrah
- Guru menjelaskan hukum zakat fitrah
- Guru menjelaskan besarnya zakat fitrah
- Guru menjelaskan waktu mengeluarkan zakat fitrah
- Guru menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah
C. Kegiatan Akhir
- Guru melaksanakan tanya jawab
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengetahui ketentuan zakat
II. Kompetensi Dasar
Memparktekkan zakat fitrah
III. Indikator
Menjelaskan tata cara mengeluarkan zakat fitrah
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memparaktekkan tata cara mengeluarkan zakat fitrah
V. Materi Pokok
Zakat
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
d. Demokrasi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan pertanyaan
B. Kegiatan Inti
Guru menjelaskan dan mempraktekkan tata cara mengeluarkan zakat fitrah
C. Kegiatan Akhir
Siswa dapat membuat kesimpulan
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Memahami dan memparktekkan infak dan sedekah
II. Kompetensi Dasar
- Ketentuan infak dan sedekah
- Mempraktekkan tata cara infak dan sedekah
III. Indikator
- Menjelaskan pengertian Infak
- Menjelaskan hukum infak
- Menjelaskan manfaat infak
IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami makna infak
- Siswa dapat memahami hukum infak
- Siswa dapat memahami manfaat infak
V. Materi Pokok
Infak dan sedekah
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan pertanyaan
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan pengertian infak
- Guru menjelaskan hukum infak
- Guru menjelaskan manfaat infak
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dapat membuat kesimpulan
- Guru melaksanakan tanya jawab
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI/ I
Waktu Pertemuan :
Alokasi Waktu :
I. Standar Kompetensi
Mengetahui ketentuan Infak dan sedekah
II. Kompetensi Dasar
- Ketentuan infak dan sedekah
- Mempraktekkan tata cara infak dan sedekah
III. Indikator
- Menjelaskan pengertian dan hukum sedekah
- Menjelaskan bagaimana batalnya sedekah
- Menjelaskan manfaat sedekah
- Menjelaskan perbedaan infak dan sedekah
IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu memahami pengertian dan hukum sedekah
- Siswa memahami bagaimana batalnya sedekah
- Siswa dapat memahami manfaat sedekah
- Siswa dapat membedakan antara infak dan sedekah
V. Materi Pokok
Infak dan sedekah
VI. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan pertanyaan
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan pengertian dan hukum sedekah
- Guru menjelaskan bagaimana batalnya sedekah
- Guru menjelaskan manfaat sedekah
- Guru menjelaskan infak dan sedekah
C. Kegiatan Akhir
- Siswa mampu membuat kesimpulan
VIII. Alat dan Sumber
- Buku Grafindo
IX. Penilaian
- Test Lisan
- Test Tertulis
- Test Perbuatan
Diketahui, Patumbak,
Ka. Mis Narul Hadina Guru Bidang Studi Kelas IV
Ust. Rusli S. Ag Yusrok, S.Pdi

Subscribe to receive free email updates: