Program Nasional Pemberdayan Masyarakat


BAB I. PENDAHULUAN
I. Gambaran Umum
Program Nasional Pemberdayan Masyarakat Mandiri Perdesaan T.A 2009 ( PNPM - MP ) di Kecamatan Biru – Biru merupakan PNPM – MP tahun Pertama.
Pelaksanaan Kegiatan PNPM – MP di Kecamatan Biru – biru ini di mulai dengan dilakukannnya MAD Sosialisasi yang di hadiri perwakilan perwakilan dari 17 desa yang terdiri dari unsur- unsur Kades, BPD, Tokoh masyarakat dengan menyertakan perwakilan perempuan setiap masing masing desa pada tanggal 11 Juni 2009 di Aula Kantor Camat Biru Biru.
Hadirnya PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Biru – biru ini memberi suatu harapan baru bagi masyarakat miskin di perdesaan untuk dapat mempunyai kesempatan yang sama dalam peningkatan kesejahteraannya baik terhadap peningkatan ekonomi, kesehatan dan pendidikan.
Pada tuhun ini Kecamatan Biru – Biru mendapat Alokasi BLM PNPM Mandiri Perdesaan sebesar Rp 900.000.000 yang sumber pembiayaannya 80 % berasal dari pemerintah pusat dan 20 % Dana Chost Sharing dari APBD Deli Serdang yang selanjutnya dari total alokasi tersebut sudah termasuk 5 % untuk Dana Operasional UPK Dan TPK .
BAB II. PELAKSANAAN DAN RENCANA KEGIATAN
II. 1. Realisasi Bulan Oktober 2009
FK- FT PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Biru – biru pada bulan Oktober 2009 telah melakukan .
1. Menghadiri Rakor awal bulan bersama Faskab, FK, dan FT se – Kab. Deli Serdang di Lubuk Pakam
2. Koordinasi Program dengan Pemerintah Kecamatan ( Camat Biru – biru )
3. Berkoordinasi dengan UPK dan Pengurus Forum MAD terpilih serta Rakor KPMD
4. Menghadiri Rakor tengah Bulan bersama Faskab, FK, dan FT se – Kab. Deli Serdang di Lubuk Pakam
5. Memfasilitasi dan mengadakan Pelatihan TPU se Kecamatan Birubiru
6. Mengadakan penggalian gagasan di beberapa desa sebagai contoh untuk KPMD dalam melaksanakan Penggalian Gagasan
7. Memfasilitasi MDKP dan MD II di desa desa se Kecamatam Biru biru
8. Memfasilitasi dan mengadakan pembentukan dan pelatihan T V
9. Kunjungan ke desa melakukan Koordinasi dengan KPMD terpilih.
10. Kunjungan ke Calon Kelompok SPP di desa
Sampai pada akhir Bulan Oktober ini 2009 PNPM MP Kecamatan Biru – biru telah merampungkan Musdes Sosialisasi dan MD II dan MDKP di 17 Desa atau 100 %.
2. Rencana Kegiatan Bulan November 2009
Pada bulan September Rencana Kegiatan FK – FT selain melakukan kegiatan Rutin akan melakukan beberapa kegiatan Pokok dalam mendorong tercapainya target pelaksanaan Program seperti :
1. Memberi Bimbingan kepada UPK
2. Penyiapan Pelatihan Kepala Desa
3. Koordinasi Dengan PJOK.
4. Memberi Bimbingan Pada Kader kader Pemberdayaan Masyarakat Desa
5. Kunjungan ke desa
6. Mendampingi Tim Verifikasi ke desa desa
7. Melaksanakan M A D II
8. Pembenahan Kantor dan Administrasi UPK dan Forum MAD
9. Penyiapan dan survey untuk desain dan RAB
10. Fasilitasi Pelatihan Kepala Desa
Secara Rinci Rencana Kegiatan FK – FT pada Bulan Juni 2009 dapat di lihat pada lampiran Laporan Bulan ini.
BAB III. PARTISIPASI MASYARAKAT
III. 1. Penilaian Partisipasi Masyarakat
Partisipasi Masyarakat dalam pelaksanaaan Kegiatan Program dapat di rata- ratakan Aktif dengan melihat tingkat keseriusan dan tingkat kehadiran masyarakat dalam MAD SOSIALISASI 2009 dan MUSDES Sosialisasi setiap Desa.
Sebagai pelaksana dan pemanfaat kegiatan Program tentunya prioritas pembangunan manusia adalah menjadi prinsip pertama pada PNPM MP baik bagi pelaku pelaku program di tingkat kecamatan maupun desa. Sehingga kesertaan dan kehadiran yang dulunya hanya ikut ikutan dan keinginan menjadi suatu kebutuhan atau kesadaran yang berangsur menjadi kepedulian dalam pembangunan desa. Dan Masyarakat mehami dan menyadari bahwa Musyawarah – musyawarah desa merupakan media berbagi informasi yang efektif dan menjadi suatu media yang tepat untuk perubahan pemikiran dan prilaku masyarakat yang awalnya tidak tau dan menjadi tau, dan dari tidak peduli akan menjadi peduli dan menyadari akan pentingnya suatu pembangunan atau kegiatan yang diawali putusan yang diambil melalui musyawarah dan dilaksanakan secara partisipatif. Sehingga keputusan diambil menjadi keputusan yang objektif, prioritas dan berkadilan gender yang menjadi putusan terbaik untuk pembangunan atau kegiatan program bagi masyarakat miskin atau Rumah Tangga Miskin di desa.
BAB IV. PENUTUP
IV. 1. Kesimpulan
- Telah Terlaksananya Pelaksanaan MAD SOS PNPM Mandiri Perdesaan 2009.
- Telah Terbentuk dan terpilihnya UPK dan Pengurus Forum MAD
- Telah Terlaksananya 100 % Musdes Sosialisasi ( 17 Desa ) di Kec. Biru – Biru
- Telah terbentuk dan Terpilihnya KPMD di setiap Desa
- Telah terbentuk dan terpilihnya TPK dan TIM Pemantau di setiap Desa .
- UPK dan Pengurus Forum serta FK – FT telah berkantor ruang Kasi PMD Kec. Biru – Biru
- Telah Dibukanya Rekening DOK PELMAS dan DOK Perencanaan
- Telah di latih KPMD dan TV
- Telah di adakan MDKP dan MD II
IV. 2. Saran
- Dikarenakan beberapa tahapan Musdes sudah selesai 100 % di Kec. Biru – biru serta telah terpilihnya pelaku pelaku di masing masing desa. Terkait hal tersebut tentu perlunya DOK PELMAS dapat untuk disegerakan agar tahapan program berikutnya dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
- Perlunya masukan dan revisi terhadap laporan. Sehingga di kemudian hari dapat lebih baik untuk memberi dan menyajikan informasi yang tepat dan bermanfaat bagi program, pemangku kepentingan lainnya maupun masyarakat umum.
- Perlunya format – format yang sederhana , praktis yang dapat dengan mudah di pahami oleh semua pihak ; termasuk pelaku pelaku program, terlebih utama lagi kader kader, pelaku pelaku di tingkat desa. ( Maka hendaknya program secara objektif melihatnya dari kacamata masyarakat desa ) sehingga maksud dan tujuan Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri tersebut dapat dicapai seperti yang di harapkan.

Subscribe to receive free email updates: