Terdapat Senyawa Dalam ASI yang Dapat Membunuh Sel Kanker

Sebuah studi baru menunjukkan suatu bahan alami yang ditemukan dalam Air Susu Ibu dapat membunuh sel-sel kanker. Menurut peneliti Swedia di Lund, Universitas Gottenburg, ASI mengandung senyawa yang dapat membunuh sel kanker. Senyawa ini disebut HAMLET, singkatan dari Human Alpha-Lactalbumin Made Lethal to Tumor Cells.

Senyawa ini merupakan kombinasi dari asam lemak dan protein yang secara alami ditemukan dalam ASI. Hal ini ditemukan beberapa tahun lalu ketika peneliti melakukan percobaan pada ASI untuk menentukan seberapa baik ASI dalam membunuh bakteri.
 
Protein ini diberikan kepada penderita kanker kandung kemih dan membunuh sel-sel kanker kandung kemih, bahkan menunda perkembangan kanker kandung kemih. HAMLET tidak hanya efektif untuk kanker kandung kemih, tetapi membunuh sel-sel kanker tipe lain. Peneliti memperkirakan bahwa HAMLET dapat menghancurkan hingga empat puluh jenis kanker dan tanpa  merugikan jaringan normal atau jaringan yang tidak terkena kanker. 
 
Para penderita kanker membutuhkan pengobatan yang baik dan tanpa efek samping, banyak obat yang digunakan untuk mengobati kanker tetapi memiliki efek samping merusak jaringan sehat, kemoterapi juga menyebabkan banyak efek samping seperti mual, kelelahan, anemia, dan rambut rontok.
Senyawa alami yang ditemukan dalam ASI tampaknya menjadi solusi yang menjanjikan, karena dapat membunuh sel-sel kanker tanpa membahayakan jaringan hidup normal.

Subscribe to receive free email updates: