Metodologi Analisa dan Desain Berorientasi ke Agent

Metodologi Dan Tool Untuk Pengembangan Software Agent

Pada bagian ini akan dibahas tentang metode dan tool untuk pengembangan software agent. Bagaimanapun juga dalam mengembangkan sistem yang kompleks, diperlukan metode yang jelas dan disepakati oleh umum, dan juga karena harus dipertimbangkan keterbatasan manusia baik fisik maupun mental, diperlukan tool sebagai alat bantu untuk mempermudah pengembangan suatu sistem.

Metodologi Analisa dan Desain Berorientasi ke Agent

Metodologi analisa dan desin berorientasi ke agent (Agent-Oriented Analysis dan Design (AOAD)), adalah salah satu tema penelitian yang menonjol di masa generasi kedua (1990-sekarang) penelitian software agent (lengkapnya lihat bagian 2 tentang sejarah dan latar belakang). Bagaimanapun juga seperti halnya paradigma software engineering lain, software agent pun memerlukan metodologi terutama untuk analisa dan desain sistem, yang berguna untuk membantu developer dalam mengembangkan dan memanage software agentplus life cycle-nya.

Pada hakekatnya, riset tentang metodologi AOAD bisa kita bagi menjadi dua kelompok besar [Iglesias et al., 1999] . Yang pertama adalah metodologi yang berdasar kepada Object-Oriented Analysis and Design (OOAD), Dan yang kedua adalah metodologi yang berdasar kepada Knowledge Engineering (KE).

Subscribe to receive free email updates: