Model Database

Model Database
Ada beberapa model data di dalam suatu sistem database. Model data merupakan suatu cara untuk menjelaskan bagaiman pemakai (user) dapat melihat data secara logis. Model database yang paling umum digunakan ada tiga macam, yaitu :
a.        Model Relation (Relational Model)
Model ini menjelaskan kepada usertentang hubungan logis antar data dalam databasedengan memvisualisasikan ke dalam bentuk tabel yang terdiri dari sejumlah baris dan kolom yang menunjukkan atribut tertentu.
b.      Model Hirarki (HieralchycalModel)
Model ini sering pula disebut tree structure. Ini menjelaskan kepada user tentang hubungan logis antar data dalam database dalam bentuk hubungan bertingkat (Hierarchy).
c.       Model Jaringan (Network Model)
Model ini sering disebut sebagai Plex structure. Kata network model adalah sinonim plex structure. Seperti halnya hirarki model, networkmodel dapat dideskripsikan ke dalam struktur parent dan child dan digambarkan sedemikian rupa sehingga child pasti berasda pada level yang lebih rendah darai pada parent. Dalam netwoek model, sebuah child dapat mempunyai lebih dari satu parent. Hal ini yang membedakan anatar hierarchycal model dan network model.

Subscribe to receive free email updates: