Sejarah Visual Basic

Sejarah Visual Basic
Visual basic adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi produk dari Microsoft Corporation dan merupakan pengembangan dari bahasa BASIC (Beginner Allpurpose Instruction Code ) versi DOS.

Visual basic merupakan pemrograman terkendali kejadian (event driven pemograman), artinya pemrograman menunggun sampai adanya respon dari pengguna berupa event / kejadian tertentu (tombol di klik, menu dipilih, dan lain-lain). Ketika event terdeteksi, kode yang berhubungan dengan event akan dieksekusi.

Adapun perkembangan terbaru dari Visual Basic adalah Microsoft Visual Basic.NET  yang merupakan sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini para programer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET dan juga aplikasi  command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau  Visual J# ) atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio.NET. Bahasa Visual Basic. NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, versi terbaru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.

Subscribe to receive free email updates: