Manfaat Bawang Putih dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Makan bawang putih bisa saja membuat anda dijauhi orang-orang, hal ini dikarenakan senyawa belerang yang terdapat pada bawang putih dapat membuat mulut anda bau, akan tetapi khasiat bawang putih untuk kesehatan sangat besar. Alasan mengapa bawang putih menjadi bumbu masakan paling populer adalah karena bawang putih memberikan rasa yang luar biasa pada makanan.
Bawang putih segar merupakan sumber allicin yang sangat baik, kandungan dalam bawang putih ini yang menyebabkan pelepasan hidrogen sulfida. Senyawa kimia ini juga yang membuat bau busuk pada telur yang telah busuk. Untungnya, Allicin sangat baik untuk pembuluh darah yang membawa darah ke jantung. Allicin membuat pembuluh darah lebih membuka sehingga dapat membawa jumlah darah dan oksigen yang lebih banyak ke jantung.

Pada penelitian yang menggunakan tikus terbukti bahwa hidrogen sulfida dalam bawang putih dapat mengurangi kerusakan jantung karena kekurangan oksigen, hal ini serupa dengan kejadian serangan jantung. Efek relaksasi bawang putih pada pembuluh darah juga membantu menurunkan tekanan darah.

Senyawa yang ditemukan dalam bawang putih juga membantu mengurangi penggumpalan platelet, bila penggumpalan platelet terus berlangsung dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Bawang putih bertindak sebagai pengencer darah alami. Inilah sebabnya mengapa senyawa bawang putih harus digunakan dengan hati-hati pada orang yang menggunakan resep pengencer darah atau aspirin.

Studi terbaru menunjukkan bahwa bawang putih tidak efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Berapa banyak bawang putih yang Anda butuhkan untuk mendapatkan manfaat kesehatan pada jantung? Tidak banyak, hanya dua siung bawang putih saja setiap hari. Sangat penting untuk membeli bawang putih yang segar daripada bubuk bawang putih sejak diproses. Jika memungkinkan, makanlah bawang putih dalam keadaan mentah atau segar, karena jika sudah dimasak akan menghancurkan beberapa manfaat bawang putih.

Fungsi bawang putih lainnya, yaitu sebagai anti-bakteri dan anti-inflammatory dan juga merupakan sumber vitamin B6 dan vitamin C yang baik. Beberapa penelitian observasional menunjukkan bahwa memakan bawang putih dapat menurunkan resiko beberapa jenis kanker.

Menambahkan bawang putih segar untuk hidangan atau masakan anda tidak hanya menambah rasa, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Idealnya, makanlah bawang putih segar tanpa dimasak atau jika dimasak, jangan terlalu panas.

Subscribe to receive free email updates: