Project Schedulling

Activity Organization
Manajer membutuhkan informasi yang tersedia seperti dokumen yang menggambarkan kegiatan yang dikerjakan karena suatu Software itu bersifat intangible. Tanpa dokumen ini maka tidak akan mungkin dapat mengatur proses, memperkirakan anggaran dan penjadwalan tidak dapat diupdate.

Dalam Proses Planning, proyek berpijak pada milestone yang memberikan proses aktifitas yang ada dengan disertakan suatu yang deliverable.

Dalam Proyek Perangkat Lunak, milestone yang digunakan mengadopsi model proses pembangunan Perangkat Lunak seperti model Waterfall. (Dari Tahapan Requirement Analysis, Analysis, Design, Coding, Testing ...).

Project Schedulling

Penjadwalan Proyek ini, manajer akan memperkirakan waktu dan sumber daya yang diminta untuk menyelesaikan aktifitas dan mengaturnya sehingga menjadi kegiatan yang terurut terhadap milestone yang sudah disepakati pada model proses tertentu.

Pada Penjadwalan Proyek ini melibatkan pembagian keseluruhan pekerjaan ke dalam bagian-bagian aktifitas dan waktu yang diminta sampai aktifitas tersebut selesai. Dan biasanya terdapat beberapa aktifitas yang paralel prosesnya, hal inijuga harus bisa dikoodinasi sehingga optimal.

Cara Penjadwalan Proyek sbb:
  1. Mengidentifikasi “what” , apa saja yang dikerjakan (dengan Work Breakdow Structure /WBS). WBS adalah suatu teknik untuk membagi keseluruhan proyek ke dalam komponen-komponen sampai dengan tugas-tugasyang dapat dikelola terhadap nama tugas, durasi waktu, jadwal dan anggaran.
  2. Mengidentifikasi “how much”, berapa besar (Teknik Estimasi ukuran beban kegiatan terhadap waktu yang dibutuhkan
  3. Mengidentifikasi ketergantungan antar kegiatan (Graf Ketergantungan dan Network Diagram)
  4. Estimasikan Durasi total pekerjaan yang dilakukan sampai selesai (Actual Schedule)
a.       Manajemen Proyek diperlukan untuk membangun suatu Pembangungan Proyek Perangkat Lunak yang diantaranya terdiri dari Project Planning, Organization activity dan Project Schedulling
b.      Dalam Project Planning terdapat milestone-milestone yang disertai beberapa aktifitas-aktifitas dimana mengadopsi model proses tertentu seperti model Waterfall
Project Schedullingmembuat estimasi waktu dan aktifitas ang diminta sampai selesai terhadap keseluruhan kegiatan Proyek sehingga terurut sesuai milestone yang telah disepakati pada organisasi tim pengembang

Subscribe to receive free email updates: