Bidang Ilmu Dan Penelitian Yang Terkait Dengan Software Agent

Bidang Ilmu Dan Penelitian Yang Terkait Dengan Software Agent

Gambar menjelaskan bagaimana keterkaitan agentdengan bidang-bidang ilmu dan penelitian, yang digambarkan berdasarkan pada hubungan dengan karakteristik yang dimiliki oleh agent.
Software Agent dan Bidangnya

Gambar Software Agent dan Bidang Yang Terkait Dengannya

Sudah menjadi hal yang diketahui umum bahwa masalah learning, intelligence, dan juga proactivity serta reactivity adalah bidang garapan AI klasik. Kemudian penelitian dalam bidang DAI pada umumnya adalah berkisar ke masalah koordinasi, komunikasi dan kerjasama (cooperation) antar agent dalam Multi Agent System (MAS). Dengan perkembangan penelitian di bidang distributed network dan communication system, membawa peran penting dalam mewujudkan agent yang mempunyai kemampuan mobilitas dan komunikasi dengan agent lain.

Pesatnya perkembangan penelitian tentang software agent tak lepas dari pengaruh bidang ilmu psikologi yang banyak mengupas agentsecara teori dan filosofi, kemudian juga software engineering yang berperan dalam menyediakan metodologi analisa dan desain, serta implementasi dari  software agent. Dan yang terakhir adalah bidang decision theory dengan kupasan tentang bagaimana agentharus menentukan strategi dalam menjalankan tugas secara mandiri (autonomously).

Keterkaitan beberapa bidang ilmu dan penelitian dalam software agent, dibahas dalam buku-buku dan makalah-makalah seperti: [Caglayan et al., 1997], [Brenner et. al., 1998], dan [Bradshaw, 1997]

Subscribe to receive free email updates: