Efek Samping Omega 3 Bagi Kesehatan

Efek Samping Omega 3 Bagi Kesehatan
Omega 3 memiliki berbagai manfaat kesehatan yang baik dan banyak orang mengkonsumsi suplemen Omega 3 karenanya. Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, Omega 3 juga memiliki efek samping jika dikonsumsi tidak sesuai dengan dosis. Berikut ini efek samping yang ditimbulakan dari konsumsi Omega 3 yang tidak tepat.

Perdarahan

Seseorang dengan gangguan perdarahan atau yang sedang mengunakan obat pengencer darah seperti coumadin harus berhati-hati dalam mengkonsumsi suplemen omega 3.  Menurut University of Maryland Medical Center ( UMMC ), Omega 3 meningkatkan risiko perdarahan dan dosis tinggi telah dikaitkan dengan mimisan dan kencing berdarah.

Gangguan Pencernaan" Circulation" sebuah majalah dari American Heart Association, menerbitkan sebuah artikel tentang Omega 3 pada tahun 2003. Menurut Artikel itu, Gangguan Pencernaan, mual adalah efek samping yang umum dari suplemen omega3, terutama suplemen dalam bentuk minyak ikan . Efek samping lainnya adalah diare, bersendawa, perut mulas dan kembung. Untuk mengurangi efek samping, disarankan untuk mengurangi dosis suplemen secara bertahap.

Hipotensi(Tekanan Darah Rendah)
Beberapa Studi telah menunjukkan bahwa suplemen omega 3 dapat menyebabkan hipotensi  atau penurunan tekanan darah. Bagi orang-orang hipotensi atau memiliki tekanan darah rendah tentu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi  suplemen omega 3 karna bisa-bisa membuat tekanan darah Anda menjadi tambah rendah.

Meningkatkan Gula Darah

UMMC menyatakan bahwa suplemen minyak ikan omega 3 dapat meningkatkan gula darah dan berinteraksi dengan obat diabetes yang menurunkan gula darah. Penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil suplemen apapun.

Alergi
Kebanyakan suplemen omega 3 terbuat dari minyak ikan. Jadi, bagi orang-orang yang alergi atau sensitif pada ikan, sebaiknya mereka tidak mengkonsumsinya. Menurut Medline Plus, efek samping lain dari suplemen minyak ikan adalah ruam, gangguan fungsi hati dan gangguan psikologis.

Itu tadi informasi mengenai efek samping omega 3, ada baiknya Anda mengkonsumsi suplemen omega 3 sesuai dengan dosis. Selain berasal dari minyak ikan, sebenarnya omega 3 bisa kita dapat dari buah-buahan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membaca artikel berikut: Daftar 10 Buah yang Kaya akan Omega 3.

Subscribe to receive free email updates: