Bahaya Mengkonsumsi Kalsium Terlalu Banyak

Apakah Anda kelebihan kalsium? Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di American Society of Nephrology, beberapa orang Amerika mengalami kelebihan kalsium karena membeli suplemen kalsium di toko obat untuk mengurangi risiko osteoporosis. alih-alih ingin mempunyai tulang yang sehat, malah kelebihan kalsium.
Kalsium merupakan mineral penting yang tidak hanya untuk kesehatan tulang saja, tetapi juga untuk kontraksi otot, pembekuan darah, dan fungsi saraf.
Kebanyakan orang perlu sekitar 1.000 miligram kalsium setiap hari, tetapi hal ini juga disesuaikan dengan usia anda. Kalsium yang terlalu banyak dapat menyebabkan Sindrom Kalsium Alkali.
Apa itu Sindrom Kalsium Alkali? Sindrom Kalsium Alkali adalah suatu kondisi yang diakibatkan kelebihan kalsium yang diperoleh dari makanan atau suplemen, atau juga dari antasida, yang dapat menambah jumlah alkali di tubuh. Ketika seseorang memperoleh lebih dari 2.000 miligram kalsium sehari, risiko sindrom ini meningkat, dan bisa terkena resiko gagal ginjal. Dengan kondisi seperti ini, kelebihan kalsium dapat disimpan dalam seluruh jaringan tubuh, hal ini dikenal sebagai kalsifikasi metastatik. Sindrom ini memerlukan perawatan cepat untuk mencegah gagal ginjal. Gejala lain dari sindrom ini adalah: mual, muntah, lemas, disorientasi, dan sembelit.

Untuk mencegah sindrom ini, para ahli menyarankan untuk membatasi asupan kalsium tidak lebih dari 1.500 miligram per hari dan kebanyakan orang dapat bertahan dengan asupan kalsium antara 1.000 dan 1.200 miligram. Konsumsi suplemen kalsium tidak diperlukan jika seseorang melakukan diet tinggi kalsium.
Kelebihan kalsium juga memiliki risiko lain. Penelitian awal menunjukkan bahwa asupan kalsium yang terlalu banyak dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung, hal ini mungkin saja terjadi, karena kalsium yang bertumpuk di pembuluh darah. Kalsium juga menyebabkan sembelit pada beberapa orang dan dapat menghambat penyerapan mineral lain seperti seng dan magnesium.
Yang terpenting, pastikan anda mendapatkan cukup kalsium sesuai dengan kebutuhan anda. Bicaralah dengan dokter anda, apakah anda memerlukan suplemen kalsium sebelum anda mengkonsumsinya.

Subscribe to receive free email updates: