Penyaringan informasi

Penyaringan informasi

Penyaringan informasi menyebabkan setiap lapisan hierarki menjadi instalasi penyaring yang ditambahkan pada ringkasan informasi yang akan disampaikan pada lapisan yang lebih atas. Didalam sistem informasi berbasis komputer, sebagian besar keputusan tentang penyaringan secara formal merupakan bagian dari perancangan sistem dan keputusan ini kemudian dimasukkan sebagai bagian komputer.

Walau demikian informasi bukan dari sistem komputer juga diringkaskan pada masing-masing level, dan juga dilaporkan kepada lapisan yang lebih atas. Disini para manajer melakukan serangkaian keputusan tentang informasi apa yang tidak akan disampaikan pada atasanya dan mereka melaksanakan keputusan ini dengan cara tidak mengirimkan informasi tersebut.

Proses penyaringan seperti ini dapat bermanfaat, namun juga dapat menimbulkan bahaya. Di satu sisi hal demikian akan memungkinkan manajer pada lapis bawah meniadakan informasi yang tidak relevan. Disisi lain penyaringan akan berbahaya bagi organisasi apabila para manajer tersebut melakukan penahanan informasi karena alasan tidak senang ataupun karena bias.

Subscribe to receive free email updates: